Berbagai Keunggulan Solo Electric Car

solo electric car
solo electric car image source azcentral.com

Keberadaan mobil listrik akhir-akhir ini cukup populer.

Selain karena diklaim sebagai mobil penyelamat lingkungan, mobil listrik juga hadir dengan bentuk kepraktisannya sendiri.

Bentuknya yang beragam membuat mobil ini diminati oleh kalangan ibu rumah tangga.

Tapi dari berbagai macam bentuk itu, paling banya diminati adalah solo electric car yang hadir dengan bentuk roda tiga dengan 2 penumpang selain driver.

Sebagai mobil yang digadang-gadang lahir dari sebuah inovasi teknologi modern, mobil listrik solo electric car diharapkan mampu mengurai berbagai permasalahan seputar kendaraan.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki mobil listrik dibandingkan dengan mobil bahan bakar minyak pada umumnya :

  1. Tidak Menghasilkan Gas Beracum CO2 dan CO

Salah satu masalah besar di perkotaan adalah polusi udara. Polusi udara ini dihasilkan oleh sisa pembakaran pada produksi pabrik dan asap kendaraan bermotor. Banyaknya kendaraan bermotor dengan bahan bakar minyak yang memadati perkotaan membuat udara di kota menjadi kurang sehat untuk dihirup makhluk hidu. Terutama manusia.

Maka dari itu ada ide pembuatan mobil listrik seperti Solo electric car yang diklaim lebih aman bagi kesehatan. Karena tidak menggunakan bahan bakar minyak, maka bisa dipastikan mobil listrik lebih aman dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil BBM. Inilah kelebihan yang dimiliki mobil lisrik dibanding jenis mobil lainnya.

  1. Lebih Hemat

Tentu saja mobil listrik lebih hemat dibandingkan dengan mobil konvensional. Karena tidak memerluka bahan bakar minyak. Mobil ini hanya menggunakan baterai yang bisa diisi ulang dimanapun. Baik di rumah ataupun di stasiun bahan bakar listrik. Dalam sekali chas, biasanya bisa digunakan untuk berjalan sekitar lebih dari 300 kilometer. Bayangkan jika harus menggunakan BBM. Berapa banyak BBM yang digunakan dan berapa rupiah yang diperlukan.

  1. Lebih Tenang

Kelebihan lain dari solo electric car atau mobil listrik lainnya adalah terdengar lebih tenang. Apalagi jika digunakan untuk perjalanan jauh. Berbeda dengan mobil BBM yang harus mengeluarkan suara gerungan saat menyalakannya. Suara mobil listrik jauh lebih halus dan tenang baik saat menyalakan atau menjalankannya. Kelebihan inilah yang paling banyak disukai oleh mereka yang tidak suka dengan kebisingan.

  1. Pembakarannya Lebih Efisien

Kelebihan selanjutnya dari mobil listrik adalah memiliki pembakaran yang lebih efisien. Jika dibandingkan dengan mobil konvensional, mobil listrik bisa mengubah energi menjadi tiga kali lipat lebih banyak untuk menjalankan rodanya. Sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar dan kuat.

  1. Aman Untuk dikendarai

Jika ada pertanyaan apakah mobil solo electric car atau aman dikendarai atau tidak?

Jawabannya jelas aman. Karena sebelum dipasarkan sudah dilakukan serangkaian uji drive seperti layaknya mobil konvensional. Untuk memastikan bahwa mobil listrik tersebut memang aman untuk dikendarai.

 

Salah satu fitur keamanan yang disematkan adalah adanya balon udara yang mengembang saat terjadinya kecelakaan.

Balon udara ini akan melindungi penumpang dari cedera akibat benturan di dalam mobil.

 

Itulah beberapa kelebihan solo electric car dan jenis mobil listrik lainnya.

Namun dibalik segala kelebihan yang dimiliki, ternyata mobil listrik juga memiliki beberapa kelemahan.

Seperti memiliki harga baterai yang cukup mahal.

Jika mobil konvensional hanya perlu beberapa menit saja untuk mengisi energi, berbeda dengan mobil listrik.

Perlu waktu yang lama untuk mengisi daya hingga bisa digunakan berjalan beberapa kilometer. Dan satu lagi kelemahan yang perlu diperhatikan.

Mobil listrik tidak didesain bisa mengangkut banyak penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.