Ikrar pemimpin dunia untuk membasmi DI

Peace talk

Sumber gambar, AFP

Keterangan gambar,

Presiden Prancis Francois Hollande berpose dengan para menteri luar negeri dan pemimpin lain yang menghadiri perundingan tentang DI di Paris.

Tiga puluh negara telah berikrar membantu Irak melawan kelompok militan Daulah Islamiyah atau ISIS “dengan semua cara diperlukan”.

Sebuah pernyataan bersama dari para menteri luar negeri yang ikut ambil bagian dalam

konferensi besar di Paris mengatakan dukungan mereka akan termasuk juga “bantuan militer yang sesuai”.

Konferensi ini diadakan untuk menyepakati strategi untuk membasmi kelompok yang kini menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah, serta mengikuti perjalanan keliling Timur Tengah yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

John Kerry, yang menghadiri pertemuan itu, sudah menggalang dukungan untuk rencana aksi yang telah diungkapkan oleh Presiden Barack Obama minggu lalu.

Pembunuhan terhadap pekerja kemanusiaan Inggris David Haines oleh DI, yang ditunjukkan dalam sebuah video yang dikeluarkan kelompok militan itu pada hari Sabtu, menambah momentum terhadap rencana Obama, kata wartawan BBC Lucy Williamson di Paris.

Saat membuka pertemuan, Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan ancaman dari DI harus ditanggapi secara global.

Badan intelijen AS, CIA, memperkirakan bahwa DI – yang dulu dikenal sebagai ISIS – memiliki sekitar 20.000 sampai 31.000 petempur di Irak dan Suriah.

Presiden Irak Fuad Masum, yang menjadi tuan rumah konferensi itu bersama-sama dengan Presiden Hollande, mengatakan komunitas internasional harus “dengan cepat” memburu para jihadis.

“Jika intervensi dan dukungan terhadap Irak terlambat datangnya, maka artinya DI akan bisa menduduki wilayah lebih luas lagi dan memberikan ancaman yang lebih besar,” kata Fuad Massum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.