Rencana Obama ‘mendanai’ pemberontak Suriah didukung kongres

Presiden Obama mengatakan dukungan kongres terhadap rencananya melawan ISIS menunjukan bahwa Amerika Serikat bersatu melawan ISIS.

Pernyataan ini diungkapkan setelah Senat AS menyetujui pemberian dana sebesar US$500 juta untuk membantu para pemberontak Suriah.

“Dukungan kuat dari kongres untuk upaya pelatihan baru ini menunjukkan kepada dunia bahwa Amerika bersatu dalam menghadapi ancaman ISIL,” katanya.

Pemimpin Partai Republik, yang sebelumnya selalu menentang kebijakan Obama, mengatakan:

“Walau saya meragukan kemampuan koalisi untuk mengembangkan kekuatan tempur yang cukup untuk mengalahkan [IS] di Suriah, saya mendukung usulan presiden untuk memulai program ini,” kata Pemimpin senat AS dari Partai Republik, Mitch McConnell.

Pada Kamis (18/08), Amerika Serikat terus menyerang ISIS atau Daulah Islamiyah di Irak.

Kelompok jihad itu mengendalikan sejumlah wilayah besar di Suriah dan Irak utara, dan Amerika Serikat telah melakukan 174 serangan udara di Irak sejak pertengahan Agustus.

Serangan udara sekarang ini diharapkan dapat dilakukan di Suriah, namun Obama berjanji tidak akan mengijinkan operasi darat.

“Kita bisa bergabung dengan para sekutu dan mitra lainnya untuk menghancurkan ISIL tanpa harus menurunkan pasukan darat Amerika di wilayah Timur Tengah,” katanya dalam sebuah pernyataan di Gedung Putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.