ISIS menyebabkan 45 ribu orang memasuki Turki

suriah

Sumber gambar, reuters

Keterangan gambar,

Wakil PM Turki, “Tidak satupun negara di dunia dapat menghadapi 45.000 pengungsi dalam semalam”.

Sekitar 45.000 orang, sebagian besar warga Kurdi Suriah, memasuki Turki dalam 24 jam terakhir, kata sejumlah pejabat, sementara milisi yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS bergerak maju ke Suriah utara.

Turki membuka perbatasannya hari Jumat (19 September) bagi warga Suriah yang melarikan diri dari kota Kurdi, Kobane karena mengkhawatirkan serangan ISIS.

Para pegiat mengatakan sekitar 300 pejuang Kurdi menyeberang ke Suriah dari Turki untuk membantu mempertahankan kota strategis tersebut.

ISIS menguasai wilayah Suriah dan Irak, serta merampas puluhan desa di sekitar Kobane, yang juga disebut dengan nama Ayn al-Arab.

Turki, yang berbagi perbatasan dengan Irak dan Suriah, telah menerima lebih 847.000 pengungsi sejak pemberontakan terhadap Presiden Suriah, Bashar al-Assad dimulai tiga tahun lalu.

Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus memastikan hari Sabtu bahwa 45.000 pengungsi melintasi perbatasan dalam 24 jam.

“Tidak satupun negara di dunia dapat menghadapi 45.000 pengungsi dalam semalam, menyelamatkan mereka dan memberikan perlindungan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.