Jokowi Tegaskan Kemitraan Global di Forum Ekonomi Dunia

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato di Forum Ekonomi Dunia hari Kamis. Ia menegaskan kembali prioritas Indonesia dalam memimpin G-20.

Berbicara dari Istana Kepresidenan Bogor, Joko Widodo mengundang para pemimpin ekonomi dunia untuk mendukung kepemimpinan Indonesia untuk memastikan pemulihan ekonomi dunia dan kerja sama yang lebih kuat antar mitra-mitranya.

“Indonesia ingin memperkuat kerjasama dengan para pelaku ekonomi dunia. Saya akan memperkuat jalinan dengan para pelaku itu selama kepemimpinan dipegang Indonesia. Saya sangat berharap para pelaku ekonomi memiliki pemikiran dan tawaran konkrit yang sama, yang dapat dihimpun sebagai bagian dari pencapaian konkrit KTT G-20,” tegasnya.

Presiden juga mengatakan, di dalam negeri Indonesia telah menggunakan masa pandemi sebagai waktu untuk perbaikan diri, dengan “meletakkan landasan baru untuk pertumbuhan yang lebih kuat dan berkelanjutan.”

Pertemuan Forum Ekonomi Dunia tahun ini diadakan secara daring setelah kekhawatiran COVID-19 menunda pertemuan tahunan itu di Davos, Swiss. [ps/ka]