Tekno  

Mengenal NFT yang Bikin Heboh Publik dan Kegunaannya

Suara.com – NFT adalah sebuah token digital. Baru-baru ini, masyarakat digegerkan dengan NFT. Seorang remaja Indonesia, pemilik akun bernama Ghozali Everyday menjadi heboh di media sosial, khususnya di situs penjualan karya digital berbasis NFT, yaitu OpenSea.

Bagaimana tidak, Ghozali yang menjual foto-foto selfie miliknya secara konsisten dalam lima tahun terakhir, menghebohkan media sosial Tanah Air. Pasalnya, hanya bermodal foto selfie yang dijadikan Non Fungible Token (NFT), koleksinya kini bernilai miliar rupiah.

NFT sebenarnya sudah mulai populer pada tahun 2017, saat game NFT pertama kali diluncurkan yaitu CryptoKitties. CryptoKitties sendiri merupakan game berbasis blockchain Ethereum yang memungkinkan para pemainnya untuk mengadopsi, memelihara, dan memperdagangkan kucing virtual. Pasar NFT ternyata telah mengalami perkembangan pesat mulai akhir Januari 2021.

Apa Itu NFT?

Baca Juga:
Bukan Belasan Miliar, Chef Arnold Bongkar Pendapatan Ghozali Jual NFT

Pada dasarnya, NFT adalah sebuah token digital yang ditautkan ke sistem besar blockchain, yang tidak jauh berbeda dengan beberapa aset mata uang kripto. Hanya bedanya, NFT tidak bisa dipertukarkan, tapi bisa diperjualbelikan.

Non-Fungible Token (NFT) merupakan sebuah aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak dapat diganti atau ditukarkan. Setiap NFT memiliki data catatan transaksi di dalam blockchain, di mana data ini berisi tentang siapa penciptanya, harga, dan histori kepemilikannya.

NFT digunakan untuk apa?

NFT menawarkan keamanan yang dibutuhkan untuk karya seni yang dipublikasikan secara online, di mana konten dapat disebar bebas dan dapat diklaim dengan mudah, dan menyebabkan kerugian bagi pembuatnya.

Nah, teknologi NFT dan blockchain inilah yang akan memberikan jaminan bagi seniman atas kepemilikan karyanya. Ini merupakan sebuah inovasi bagi seniman digital yang selalu kesulitan dalam melawan plagiarisme dan pencurian kreatif. Sistem smart contract yang ada pada NFT memungkinkan seniman untuk menuliskan persentase royalti setiap kali karyanya berpindah tangan.

Baca Juga:
Viral Ghozali Everyday, Jual NFT Foto Selfie Laku Rp 13,8 Miliar!

Selain itu, harga dari aset NFT juga bisa mencapai angka yang sangat tinggi. Misalnya, karya NFT termahal, yang dibuat oleh Beeple dengan judul Everydays-The First 5000 Days, terjual dengan harga $69 juta dolar pada Maret 2021 lalu. Hal ini menunjukkan apresiasi terhadap aset-aset NFT yang sama tingginya dengan karya seni fisik.