5 Bus Unik di Indonesia, Punya Knalpot Racing hingga Kaca Spion Kamera : Wallpaperspeed Otomotif

DERETAN bus unik di Indonesia. Bus masih menjadi transportasi umum paling diminati di Indonesia. Namun, tak seperti bus pada umumnya, beberapa bus berikut ini tergolong cukup unik. Simak ulasan selengkapnya di Okezone.

1. Bus Cargo

Bus Cargo Rosalia. (Foto: Instagram)

Bus ini terbilang unik karena tidak digunakan untuk mengangkut orang, tapi barang. Sehingga penampilannya tak tampak seperti bus kebanyakan.

Bus Cargo tidak memiliki kaca pada bagian samping mapun belakangan. Beberapa perusahaan ekspedisi pengiriman atau perusahaan otobus yang menjalankannya seperti Rosalia, Sumber Alam, hingga ATS.

Hino Tronton saat ini belum memiliki sidebus yang dapat diaplikasikan dengan bus tingkat. Namun, ada salah satu perusahaan AM Trans yang menggunakan bus tersebut. Otobus asal Jawa Timur itu merupakan hasil modifikasi Hino R26 atau RK8.

Modifikasi yang dilakukan adalah penambahan garda belakang tentunya tidak bisa belok pada bus tronton biasa. Alasan AM Trans melakukan penambahan garda ini untuk menambah daya angkutnya.


Follow Berita Okezone di Google News

3. Bus Knalpot Racing

Bus Knalpot Racing ini dimiliki salah satu bus pariwisata asal Purwokerto, B Coach.

B coach mulai mengaspal pada 2018 dan sempat viral karena knalpot racing serta bus cafe of the road pada 2020 lalu. Modifikasi itu merupakan hasil karya Karoseri Malang.

4. Kaca Spion Kamera

Bus Harapan Jaya. (Foto: Instagram)

Bus Unik di Indonesia. (Foto: Bus Harapan Jaya/Instagram)

Bus dengan kaca spion kamera satu-satunya dimiliki oleh perusahaan otobus asal Tulungagung yakni Harapan Jaya, hasil garapan Karoseri Tentrem Malang. Karoseri Tentrem memang telah merilis bus terbaru dengan body Avante D1 yang dilengkapi spion kamera sepeti bus luar negri.

Namun, belum diketahui apakah peraturan di Indonesia memperbolehkan spion tersebut. Lantaran ada peraturan khusus yang mengtakana kaca spion harus berjumlah 2 buah dan dari kaca atau bahan lain yang dapat memberikan pandangan ke arah samping atau belekang dengan jelas.

5. Bus Terpanjang

Bus Sumber Alam memiliki bus terpanjang dengan total 13,2 meter. Total, ada 10 ban yang digunakan pada bus tersebut.

Bus tersebut juga dilengkapi fasilitas lift di bagian belakang. Bahkan, bus tersebut sempat mendapatkan MURI pada zamannya.