9 Pengusaha Bus Berdarah Minang : Wallpaperspeed Otomotif

DERETAN pengusaha bus berdarah Minang ini menarik untuk dikulik. Sebagian besar tujuan mereka membuka perusahaan otobus adalah karena banyaknya orang Minang yang merantau.

Mereka sengaja ingin memberikan kenyamanan pada masyarakat Minang saat ingin pulang kampung. Berikut ini adalah daftar pengusaha bus Indonesia yang berasal dari Minangkabau.

1. Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang

Bahauddin adalah pendiri perusahaan otobus Naikilah Perusahaan Minang (NPM). Ia merintis NPM pada 1937 di Padang Panjang. Hingga kini, NPM masih eksis dan dikelola oleh generasi ketiganya, yaitu Angga Vircansa.

Perusahaan otobus Aman Nyaman dan Sampai Tujuan (ANS) adalah perusahaan yang didirikan oleh Anas Sutan Jamaris pada 1960. Hingga kini, perusahaan ini masih eksis dengan telah memiliki trayek di Sumatera dan Jawa.


Follow Berita Okezone di Google News

3. Yurnalis

Salah satu pengusaha bus yang belum lama merintis ini adalah Yurnalis. Yurnalis merintis perusahaan otobus Mutia Putri Mulia (MPM) di Tanah Datar pada 2019 lalu. Trayek dari PO MPM sendiri sudah menyebar hingga Sumatera dan Jawa.

4. Hasanuddin Adnan

Bus SAN tentu tidak begitu asing untuk beberapa orang. PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) adalah perusahaan yang didirikan pada 1978 dan terpusat di Bengkulu.

5. Alizar Datuak Bagindo

Alizar Datuak Bagindo adalah pria kelahiran Bukittinggi yang menetap di Lampung. Ia merintis usaha bus Gumarang Jaya sejal 1974 dulu.

6. John Shamti

John Shamti mendirikan PO Yoand Prima 1988 di Palembang. Bus ini melayani perjalanan dengan trayek dominan Palembang-Sumbar.

7. Nazar Zakaria

PT Transportasi Express Jaya adalah perusahaan bus yang didirikan oleh Nazar Zakaria pada 1977 silam. Bus ini melayani rute AKAP dan AKDP.

8. Gusmaliadi

PO Bus Family Raya Ceria adalah perusahaan yang didirikan oleh Gusmaliadi pada 1996 di Bangko, Jambi. Saat ini bus ini telah melayani perjalanan ke berbagai daerah.

9. Afrinaldi

PO Bus Epa Star adalah perusahaan yang eksis mulai 2010 silam. Pada awalnya perusahaan ini hanya terfokus pada bus pariwisata. Namun seiring berjalannya waktu, kini bus Epa Star melayani perjalanan ke berbagai daerah.

Itulah deretan pengusaha bus Indonesia yang berasal dari Minangkabau.