Program Vaksin Covid-19 Anak 6 Bulan-11 Tahun Mulai Berjalan Maret 2023

loading…

Pemberian vaksin Covid-19 anak 6 bulan hingga 11 tahun akan dijalankan programnya pada Maret mendatang. Foto Ilustrasi/Institute for Global Change

JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI sudah memberikan lampu hijau untuk pemberian vaksin Covid-19 anak usia 6 bulan hingga 11 tahun. Vaksin Covid-19 yang dipakai bernama Comirnaty Children keluaran Pfizer-BioNTech.

Izin penggunaan darurat (EUA) vaksin itu sudah dikeluarkan BPOM pada akhir Desember 2022. Meski sudah boleh diberikan, fakta di lapangan mengatakan bahwa vaksin tersebut belum didistribusikan.

Lantas, kapan vaksin Comirnaty Children bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat?

Baca Juga: Phizer Bakal Uji Coba Vaksin Covid-19 Pada Anak-Anak di Bawah 12 Tahun

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu, vaksin Covid-19 anak 6 bulan hingga 11 tahun baru akan dijalankan programnya pada Maret mendatang.

“Kami sedang persiapan untuk pengadaan logistiknya. Karena yang saat ini baru ada Pfizer, jadi kami lagi proses. Kami harapkan Maret 2023 (mulai),” kata Maxi pada awak media, belum lama ini.

Soal ketersediaan vaksin Covid-19 anak 6 bulan hingga 11 tahun ini, Maxi menegaskan bahwa itu sesuai dengan kontrak kerja sama yang sudah dibangun antara Kemenkes dengan Pfizer.

“Kalau ditanya ini donasi atau beli, kami jawab ini sesuai dengan penjelasan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin kemarin di DPR bahwa ada kontrak tahun kemarin antara Kemenkes dengan Pfizer. Kontraknya kami geser sekarang ke penyediaan vaksin anak ini,” terang Maxi.

Baca Juga: BPOM Izinkan Vaksin Covid-19 untuk Anak 6 Bulan hingga 11 Tahun

Kemudian, apakah vaksin Covid-19 Pfizer untuk usia 6 bulan-11 tahun gratis?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa vaksin ini akan diberikan secara gratis. Artinya, vaksin dapat diterima masyarakat tanpa mengeluarkan uang sama sekali.

“Anggarannya cukup kok untuk melakukan vaksinasi anak (6 bulan-11 tahun) secara gratis,” Menkes Budi dalam konferensi pers daring, beberapa waktu lalu.

(tsa)