Kaesang Incar Posisi Eksekutif, Jabatan Apa yang Diinginkannya?

Suara.com – Kaesang Pangarep tengah menjadi sorotan karena menyampaikan keinginannya terjun ke dunia politik. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming pun mengungkap bahwa sang adik mengincar jabatan eksekutif.

“Mulai dari eksekutif level bawah, masa langsung presiden. DPRD enggak, tapi eksekutif,” kata Gibran, seperti dilaporkan wartawan Fajar Sodiq untuk BBC News Indonesia dalam acara groundbreaking di Solo, Rabu (25/1/2023).
 
Jika bukan menjadi presiden tapi mengincar eksekutif, lantas jabatan apa yang diinginkan Kaesang?
 
Jabatan Eksekutif dalam Pemerintahan

Eksekutif merupakan salah satu cabang pemerintahan yang memiliki kekuasaan dan bertanggung jawab menerapkan hukum. Contohnya yakni presiden, wali kota, gubernur, dan lain sebagainya.
 
Pada dasarnya jabatan eksekutif adalah ketua pemerintahan. Eksekutif merujuk pada administrasi dalam sistem presidensiil atau sebagai pemerintah dalam sistem parlementer.
 
Lembaga atau jabatan eksekutif ini pastinya berbeda dengan dua bidang lainnya yakni legislatif dan yudikatif. Lembaga legislatif adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Ketiga lembaga ini diatur tugas, fungsi, dan wewenangnya dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945.
 
Selain itu, lembaga yudikatif adalah Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi. Mahkamah Agung merupakan pengadilan tertinggi dalam proses banding.
 
Rekam Jejak Kaesang Di Berbagai Bidang Karir
 
Sebelum terjun ke dunia politik, Kaesang lebih terkenal di dunia bisnis dan entertainment. Karir di dunia hiburannya adalah sebagai blogger dan YouTuber. Kontennya dinilai kreatif, menarik, dan lucu.

Selain itu, Kaesang juga pernah terjun ke dunia bisnis kuliner. Ia memiliki franchise pisang di beberapa kota. Tak hanya itu, Kaesang juga aktif memasarkan startup bernama Madhang.

Baca Juga:
Foto Bareng Kaesang dan Erina, Warganet Justru Salfok ke Kaki Nagita Slavina

Selain kuliner, Kaesang juga mengakuisisi klub sepak bola Persis Solo yang membuat namanya melambung sebagai pebisnis sepak bola. Ia bahkan belakangan menyatukan suara dengan Erick Thohir untuk regenerasi PSSI.
 
Serba-Serbi Kaesang Berminat Terjun Ke Dunia Politik
 
Berkaitan dengan daerah mana yang dipilih adiknya, Gibran mengatakan tidak tahu. Gibran juga tak takut jika Kaesang benar-benar terjun ke politik.
 
Disinggung soal dinasti politik dalam keluarga, Gibran menepisnya. Baginya, semua bebas berkompetisi dan Gibran yakin Kaesang mampu memimpin.
 
Gibran juga membebaskan partai politik yang nanti menjadi sarananya maju sebagai pemimpin daerah. Gibran tak keberatan jika Kaesang beda partai atau bahkan independen darinya.
 
Gibran mengaku tak mengintervensi keputusan sang adik di bidang politik. Namun ia berpesan agar Kaesang menemui mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo jika ingin maju Pemilihan Wali Kota Solo pada 2024.
 
Gibran hanya memastikan langkah politik Kaesang dimulai dari bawah, tidak langsung di atas. Namun untuk kepastiannya Gibran meminta tanyakan langsung ke Kaesang.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma