Usai PPKM Dicabut, Jokowi: Ini Masa Transisi, Tetap Waspada

Di masa transisi ini, Jokowi meminta kebijakan ekonomi diambil dengan hati-hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut di akhir tahun lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta seluruh jajarannya agar tetap waspada dan hati-hati selama masa transisi saat ini. Ia mengatakan, seluruh kebijakan yang diputuskan, utamanya terkait ekonomi, harus dilakukan dengan hati-hati.

“Setelah PPKM kita cabut di akhir 2022, masa ini adalah masa transisi dan kita tetap harus waspada hati-hati dalam memutuskan kebijakan utamanya ekonomi,” kata Jokowi saat membuka Rakornas Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Tahun 2023, Kamis (26/1/2023).

Jokowi mengatakan, saat ini kondisi ekonomi nasional tengah berada di posisi yang sangat baik. Pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal III 2022 pun tercatat berada di angka 5,72 persen.

“Tadi Pak Menko Airlangga menyampaikan 5,3 kalau tercapai itu saya kira sebuah prestasi yang sangat baik,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Jokowi juga mengapresiasi peran dan kinerja seluruh pihak yang membantu penanganan pandemi Covid-19 dan juga masalah ekonomi. Ia mengatakan, partisipasi seluruh pihak dalam mengatasi pandemi dan ekonomi sangat penting.

“Partisipasi inilah yang harus kita apresiasi, kita hargai, karena semua memberikan dukungan, dunia usaha, masyarakat di bawah, semuanya bergerak. Semuanya,” kata Jokowi.