Proyek Sodetan Kali Ciliwung Mangkrak di Era Anies Baswedan?

Suara.com – Proyek Sodetan Kali Ciliwung terus jadi sorotan dari warganet belakangan ini. Sejumlah akun milik pemerintah juga tak bisa terhindar dari serbuan komentar netizen Indonesia.

Salah satunya unggahan lama akun Twitter Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) yang memperlihatkan foto eks Gubernur DKI Jakarta Anies.

Unggahan tertanggal 4 Agustus 2021 tersebut dalam keterangannya menuliskan empat sosok di dalam foto yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Keempat pejabat itu nampak tengah berdiskusi terkait pembangunan sodetan Ciliwung untuk mengurangi resiko banjir di DKI Jakarta. 

Baca Juga:
Teror Ular Kobra di Rumah Eks Gubernur Banten, Relawan Nilai Kekuatan Oligarki Takut dengan Potensi Anies

Salah satu akun warganet mempertanyakan terkait kelanjutan proyek tersebut yang disebut-sebut mangkrak selama Anies Baswedan.

“Wkwkwk hr ini kata mentri PUPR selama 6 th gub sblmnya @aniesbaswedan ga ngapa2in ya min..? Yg bener mana min?,” kata akun @dunia_sejahtera.

Sementara, warganet lainnya juga mengaku penasaran alasan proyek tersebut baru kembali banyak disuarakan pada 2021. Sementara, dari tahun 2016 hingga 2020 sama sekali tidak ada kabar.

“Ini beneran 6 tahun mangkrak kah?” tanya salah seorang warganet pada kolom komentar yang kini sudah disukai ratusan orang tersebut.

Untuk diketahui, dalam keterangan resminya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyinggung Proyek Sodetan Kali Ciliwung yang menurutnya sama sekali tidak tersentuh selama 6 tahun.

Baca Juga:
Anies Bilang Ada yang Emosi Lihat Fotonya Baca Buku Dilipat Ini, Ayo Siapa Tebak?

“Yang masalahnya tadi Pak Presiden bilang 6 tahun gak diapa-apain, normalisasi gak diapa-apain, sodetan gak diapa-apain. Nah sekarang Alhamdulillah ada Pak Heru (Pj Gubernur DKI Jakarta) ini mulai dikerjakan lagi,” kata Menteri Basuki di Proyek Sodetan Kali Ciliwung – BKT, Selasa (24/1/2023).