6 Tips Lolos LPDP Luar Neger, Persiapkan Diri Pendaftaran Tahap 1 Resmi Dibuka

Suara.com – Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 tahap I resmi dibuka mulai hari ini Rabu, 25 Januari 2023. Beasiswa LPDP memberikan kesempatan bagi setiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk melanjutkan studi di berbagai negara jenjang S1, S2 maupun S3. Bagi Anda yang berminat, ketahui tips lolos LPDP luar negeri pada artikel berikut. 

Periode pendaftaran LPDP tahap pertama berlangsung selama sebulan atau berakhir pada 25 Februari 2023 mendatang. Kemudian, pemerintah akan membuka pendaftaran tahap II pada tanggal 9 Juni sampai 9 Juli 2023. Berbeda dengan pendaftaran LPDP 2022, pembukaan beasiswa dari negara ini dibuka lebih cepat. Tahun lalu, pendaftaran baru dibuka di bulan Februari. 

Selain perguruan tinggi, beasiswa LPDP juga membuka kesempatan beasiswa untuk siswa SMK dan SMA, dosen, guru, tenaga kependidikan, dan juga peneliti. Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini Anda harus me persiakan dengan matang mulai dari prestasi, berkas atupun dokumen, dan lainnya. Simak tips agar bisa lolos beasiswa LPDP luar negeri. 

6 Tips Lolos LPDP Luar Negeri 

Baca Juga:
Deretan Tanaman yang Diklaim Mampu Redakan Stres

Mengingat tingkat persaingannya yang ketat, terdapat beberapa tips yang bisa diikuti agar mendapatkan LPDP luar negeri: 

1. Memahami cara pandang beasiswa 

Diketahui, LPDP dikenal memiliki jumlah nilai integritas, nasionalisme, dan juga bagaimana pelamar mampu berkontribusi kepada masyarakat. Sebagai pelamar beasiswa, calon peserta harus menyesuaikan diri dengan jumlah nilai-nilai yang dicari. 

Tentunya sebagai lembaga pemberi beasiswa, Kemenkeu akan mencari kandidat yang sesuai dan tepat sasaran. Oleh karena itu, persiapkan diri kamu untuk dapat memenuhi kriteria yang diinginkan ya. 

2. Cari tahu kemampuan yang dimiliki 

Baca Juga:
Bahaya! Zoya Amirin Bocorkan Teknik Pikat Wanita Mau Berhubungan Intim

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya jika Anda mencari tahu kemampuan apa saja yang selama ini Anda miliki. Kemampuan ini sangat penting sebagai bekal untuk melanjutkan studi di luar negeri. Karena setelah kembali ke Indonesia, peserta diharapkan bisa memberi perubahan yang berarti demi kemajuan bangsa. 

Selain mencari kemampuan yang dimiliki, Anda juga harus memcari kemampuan yang tidak diketahui. Hal ini bertujuan agar peserta tidak salah dalam memilih kampus atau jurusan. 

3. Cari tahu informasi terkait beasiswa dan kampus tujuan 

Sebagai peserta beasiswa, sudah seharusnya Anda dari jauh-jauh hari sudah mencari tahu banyak informasi terkait beasiswa dan juga kampus yang akan menjadi tujuan. Jangan sampai, Anda ketinggalan informasi penting terkait beasiswa dan kampus tersebut. Anda dapat mencari tahu beragam informasi melalui internet, alumni penerima beasiswa LPDP luar negeri, dan juga alumni kampus tujuanmu. 

4. Ikuti les untuk mengisi kekurangan yang selama ini kamu miliki 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki, maka sebaiknya Anda mengikuti les. Hal ini menjadi solusi yang dirasa tepat agar Anda dapat mengubah kekurangan tersebut menjadi kelebihan yang bisa meningkatkan kemampuanmu. 

5. Buatlah rencana pendaftaran beasiswa 

Hal selanjutnya yang harud Anda lakukan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri adalah membuat timeline untuk merencanakan pendaftaran beasiswa LPDP 2023. Hal ini sangatvpenting agar setiap saat Anda bisa termotivasi dalam membuat cover letter, dan mengirim aplikasi beasiswa. 

6. Memenangkan perhatian pemberi beasiswa 

Untuk dapat memenangkan perhatian pemberi beasiswa bisa dengan memperlihatkan persepsi positif tentang diri Anda. Caranya bisa dengan memberikan pencitraan yang selaras dengan nilai-nilai yang selama ini dianut LPDP. 

Berikut adalah aspek-aspek pembeda yang bisa peserta tonjolkan agar berbeda dari peserta lainnya: 

• Tunjukkan prestasi yang terkait dengan bidang akademik 

• Tunjukkan prestasi bidang non-akademik 

• Tunjukkan kepekaan terhadap sosial 

• Tunjukkan kemampuan dalam kepemimpinan 

• Tunjukkan keaktifan dalam berorganisasi 

• Tunjukkan kemampuan untuk melakukan survive dalam menghadapi kondisi yang sulit 

• Tunjukkan bakat bawaan yang Anda dimiliki 

• Tunjukkan cara pandang yang unik dan khas terhadap suatu persoalan  

Demikian tadi tips lolos LPDP luar negeri yang bisa Anda coba mulai sekarang. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke kampus impian. Semoga beruntung! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari