Bola  

5 Pelatih Top Dunia yang Pernah Hadapi Timnas Indonesia dan Klub Tanah Air, Nomor 1 Mantan Juru Taktik Manchester United : Wallpaperspeed Bola

5 pelatih top dunia yang pernah hadapi Timnas Indonesia dan klub Tanah Air akan dibahas Okezone di artikel ini. Timnas Indonesia dan sejumlah klub Tanah Air sudah pernah bertanding melawan tim-tim besar dari luar negeri.

Tak jarang bahkan menghadapi tim-tim hebat dengan pelatih kelas dunia. Lantas siapa saja pelatih yang pernah dihadapi Timnas Indonesia serta klub Tanah Air?



Berikut 5 Pelatih Top Dunia yang Pernah Hadapi Timnas Indonesia dan Klub Tanah Air:

5. Fabio Capello

Fabio Capello

Capello pernah melawan Persib Bandung pada 1994. Pada saat itu, Capello yang sedang melatih AC Milan tak membawa skuad terbaiknya ketika berkunjung ke Indonesia.

Meski tak menurunkan kekuatan terbaiknya, Milan nyatanya mampu menang telak atas Persib dengan skor 8-0. Tentunya laga Milan vs Persib itu akan menjadi kenangan untuk fans Maung Bandung dan Rossoneri Indonesia.

4. Jose Mourinho

Jose Mourinho

Jose Mourinho tercatat pernah menangani berbagai tim besar, salah satunya adalah Chelsea. Saat masih melatih Chelsea, Mourinho pun pernah datang ke Tanah Air untuk melawan Timnas Indonesia Selection.

Pada saat itu, Chelsea yang masih diperkuat Eden Hazard, Romelu Lukaku, Demba Ba, Ramires, dan John Terry menang dengan skor telak 8-1.


Follow Berita Okezone di Google News

3. Arsene Wenger

Arsene Wenger

Selain Chelsea, klub asal London lainnya juga pernah main melawan Indonesia XI. Tim yang dimaksud adalah Arsenal.

Kala itu, tim asuhan Arsene Wenger menghadapi tim all stars dan mampu menang dengan skor besar 7-0. Pada laga uji coba itu, Arsenal datang dengan membawa sejumlah pemain bintang seperti, Olivier Giroud, Theo Walcott, dan Lukas Podolski.

2. Guus Hiddink

Guus Hiddink

Hiddink pernah dua kali melawan Persib Bandung. Momen itu tercipta ketika dirinya masih menangani klub asal Belanda, PSV Eindhoven.

Laga pertama PSV vs Persib terjadi di Stadion Siliwangi pada 1987. Pada saat itu, PSV menang 6-0. Lalu putaran kedua tercipta di 1988. Masih di Stadion Siliwangi, PSV kali ini menang 4-0 atas Persib.

1. Louis van Gaal

Louis van Gaal

Jika sebelumnya pelatih-pelatih top dunia datang dengan klub yang dilatih, maka Louis van Gaal datang ke Indonesia bersama Timnas Belanda. Momen itu tercipta pada 2013 silam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Belanda yang pada saat itu masih diperkuat Robin van Persie, Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Siem de Jong itu menang dengan skor 3-0 atas Timnas Indonesia.

Menariknya, mantan pelatih Manchester United itu tak hanya sekadar bertanding melawan Timnas Indonesia saja. Van Gaal juga melakukan coaching clinic kepada pesepakbola Tanah Air.