Rusia Tidak Akan Boikot Budaya Barat

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan hari Rabu (25/1) bahwa Rusia tidak akan pernah mengikuti dan memboikot budaya Barat.

Berbicara pada sebuah pertemuan di Universitas Negeri Moskow untuk merayakan Hari Pelajar, Putin mengklaim bahwa pihak Barat telah memboikot komposer Rusia, Pyotr Ilyich Tchaikovsky, penulis Fyodor Dostoyevsky dan Leo Tolstoy, namun Rusia “tidak akan hidup tanpa [para seniman] klasik.”

“Mereka terus menguliahi kita dari luar negeri. Ya, kita tidak sempurna, Anda mungkin bisa memperdebatkan beberapa hal dengan kami, tapi kami tidak sampai pada kesimpulan untuk memboikot (komposer Barat) Beethoven atau Bach, atau misalnya (penulis Amerika) O. Henry dan lainnya,” kata Putin di hadapan para mahasiwa.

Dalam pidatonya, Putin menanggapi “pentingnya” mendukung warga Rusia di wilayah Ukraina, seperti Luhansk, Donetsk dan Donbas, di tengah invasi Rusia ke Ukraina, yang diklaimnya sebagai “operasi militer khusus.”

“Tujuannya, seperti yang sering saya katakan, untuk melindungi masyarakat dan melindungi Rusia dari ancaman yang dicoba diciptakan di wilayah yang berdekatan itu yang secara historis milik kita. Dan kita tidak bisa membiarkannya,” tambahnya. [rd/ka]