Tekno  

Akun Facebook dan Instagram Donald Trump segera dipulihkan

Jakarta (ANTARA) – Meta Platforms Inc mengatakan akan segera memulihkan akun Facebook dan Instagram mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam beberapa pekan mendatang.

Direktur Urusan Global Meta Nick Clegg dalam tulisan di blog resmi Meta Platforms, Rabu (25/1) waktu setempat, mengatakan pemulihan akun Facebook dan Instgram Trump adalah keputusan yang diambil berdasarkan masukan dari dewan pengawas independen mereka.

Dewan Pengawas Meta mendukung aksi menangguhkan akun Trump, namun, mereka juga mengkritik platform itu karena tidak memberikan aturan yang jelas kapan akun yang ditangguhkan bisa dipulihkan.

Meta memutuskan memberikan batas waktu dua tahun sejak waktu penangguhan 7 Januari 2021.

“Sebelum memutuskan apakah akan mencabut penangguhan Trump atau tidak, kami menilai apakah risiko terhadap keselamatan publik sudah berkurang,” kata Clegg.

Berdasarkan aturan mereka soal krisis, Meta melihat risiko keselamatan publik sudah berkurang sehingga mereka memulihkan akun Trump setelah dua tahun.

Jika Trump melanggar aturan lagi setelah akun dipulihkan, Meta berkomitmen menghapus konten itu dan kembali menangguhkan akun untuk satu bulan sampai dua tahun bergantung pada tingkat pelanggaran.

Akun Facebook dan Instagram milik Trump ditangguhkan karena dinilai bisa mengganggu keamanan menyusul kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari 2021. Trump saat itu masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Baca juga: Meta bersiap umumkan nasib Trump di Facebook dan Instagram

Baca juga: Facebook tetap blokir Trump meski jadi capres

Baca juga: DPR AS panggil platform medsos soal kerusuhan Capitol 6 Januari

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2023