Bola  

Alasan Jurgen Klopp Ingin Pensiun sebagai Pelatih Sebelum Umur 70 Tahun : Wallpaperspeed Bola

LIVERPOOL – Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyatakan ingin pensiun sebelum umur 70 tahun. Alasannya pun terungkap soal keinginannya ini.

Sebagaimana diketahui, Klopp memulai debut sebagai pelatih tim senior pada 2001. Mainz menjadi klub pertama yang ditangani pelatih berusia 55 tahun tersebut.



Jurgen Klopp

Selanjutnya, Klopp berpetualang di level tertinggi bersama Borussia Dortmund pada 2008 hingga 2015. Pencapaian terbaiknya adalah membawa Die Borussen -julukan Dortmund- berbicara hingga final Liga Champions 2012-2013.

Dua buah gelar Piala Super Jerman dan satu buah DFB Pokal juga berhasil dipersembahkannya. Klopp kemudian hijrah ke Liverpool dan mempersembahkan berbagai gelar begengsi untuk Merseyside Merah, dari mulai Piala FA, Piala Super Eropa, Liga Champions dan Liga Inggris.

Oleh sebab itu, Klopp sudah kenyang pengalaman dan asam garam. Dirinya pun mulai membicarakan rencana pensiun.

“Setelah 22 tahun sekarang, saya tahu kapan saya tidak bisa mengubah apa pun lagi dan saya tahu saat itulah saya berhenti memikirkannya,” kata Klopp, dilansir dari Mirror, Rabu (25/1/2023).

BACA JUGA: 2 Pemain Ini Masuk Radar Liverpool, Termasuk Declan Rice

“Saya tidur sangat nyenyak, pulang ke rumah, punya waktu setengah jam, berkendara pulang dan itulah 30 menit terakhir hari di mana saya benar-benar memikirkan pekerjaan itu,” ujarnya.

“Pekerjaannya sangat menuntut, memang, tapi itu bagus juga. Itulah mengapa saya mengatakan ketika Roy Hodgson kembali lagi ke Crystal Palace dan saya bertanya kepadanya ‘mengapa keluar lagi?’ dan dia berkata ‘Saya menyukainya’,” tambah pelatih berkaca mata itu,

Klopp pun menyatakan ingin pensiun dari dunia kepelatihan sebelum umur 70 tahun. Dirinya mengaku tidak akan sanggup mendampingi tim ketika sudah tua renta.

BACA JUGA: Liverpool Terdepan Dapatkan Jude Bellingham meski Real Madrid Disebut Siap Penuhi Harga Tinggi dari Borussia Dortmund

“Saya tidak bisa melihat diri saya berusia 70 tahun dan berada di ruang ganti dalam cuaca apa pun dan berlatih selama satu atau dua jam. Saya tidak bisa melihat itu tetapi saya sedikit mengerti dari mana mereka berasal,” ungkapnya.

“Saya berharap hal-hal lain yang menarik bagi saya dan saya baik-baik saja dengan tidak terlibat lagi,” tambahnya lagi.


Follow Berita Okezone di Google News

Selain alasan kesehatan, Klopp juga mengaku ingin lebih banyak menghabiskan waktu dengan cucu tercinta di hari libur. Sebab, menjadi pelatih tim sepakbola tidak memungkinkan dirinya untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga, karena mayoritas pertandingan liga domestik dimainkan pada Sabtu dan Minggu.

“Kami akan menjadi kakek-nenek sekarang tahun depan untuk pertama kalinya di bulan Mei dan kami tidak sabar menunggu,” ujarnya.

Jurgen Klopp

“Tetapi, saya sudah tidak ada di sana sepanjang hari dengan seorang cucu pada hari libur dan semacamnya. Tentu saja, itulah rencananya untuk berada di sana,” tutup Klopp.