Bola  

Kisah Xavi Simons, Wonderkid Barcelona yang Direbut PSG : Wallpaperspeed Bola

KISAH Xavi Simons, wonderkid Barcelona yang direbut PSG akan diulas dalam artikel ini. Saat bursa musim panas 2019 Barcelona harus menelan pil pahit usai wonderkid miliknya, Xavi Simons memilih berkarier ke Paris Saint-Germain (PSG).

Xavi Simons menjalani lembaran baru dalam karier sepakbolanya. Pada 23 Juli 2019, ketika Xavi Simons berusia 16 tahun, ia hengkang dari Barcelona dan bergabung dengan tim besar Prancis, PSG.



 Xavi Simons

Xavi Simons sendiri merupakan salah satu produk akademi Barcelona, La Masia. Ia diketahui sudah berada di Barcelona sejak 2010 atau pada saat ia masih berusia tujuh tahun.

Meski begitu, ketika usianya 16 tahun, pemain berkebangsaan Belanda ini harus berpamitan dengan akademi La Masia. Banyak orang menilai kepergian Xavi Simons disebabkan masalah uang.

Ketika itu Barcelona mengajukan kontrak sebesar 100 ribu euro atau sekira Rp1,6 miliar. Akan tetapi, kontrak tersebut tak disetujui kedua belah pihak.

BACA JUGA:Profil Xavi Simons, Pemain Jebolan Akademi Barcelona yang Menggila Bareng PSV Eindhoven

Sementara itu, keputusan Xavi Simons hijrah ke PSG bisa dibilang menjadi pilihan yang tepat untuk kariernya. Pasalnya, Xavi Simons sukses mencoba suasana bermain di skuad utama klub semusim sehabis menjadi bagian Les Parisiens atau tepatnya pada 2020-2021.


Follow Berita Okezone di Google News

Di musim 2020-2021, Xavi Simons kerap diandalkan pelatih PSG saat itu, Mauricio Pochettino. Total, Xavi Simons sudah membela PSG sebanyak 11 kali dengan torehan satu assist di semua kompetisi.

Xavi Simons

Meski demikian, PSG tampak kurang puas dengan kinerja Xavi Simons. Pasalnya, ia kalah bersaing dengan pemain bintang PSG lainnya. Akhirnya pada Juli 2022, ia dibuang ke PSV Eindhoven.

Di klub raksasa Belanda itu, Xavi Simons tampil cukup moncer. Sejak bergabung dengan PSV Eindhoven ia sudah menorehkan 12 gol dan empat pertandingan dalam 27 pertandingan. Bahkan, Xavi Simons turut mengantarkan PSV Eindhoven juara Piala Super Belanda 2023.