Bola  

5 Pesepakbola Top Dunia yang Berkhianat dan Pilih Bela Negara Lain, Nomor 1 Legenda Real Madrid! : Wallpaperspeed Bola

5 pesepakbola top dunia yang berkhianat dan pilih bela negara lain menarik dikulik. Sebab, keputusan yang diambil sejumlah pesepakbola ini jadi sorotan besar dan mengejutkan publik dunia.

Siapa saja mereka? Sebagaimana dikutip dari Bleacher Report, Rabu (25/1/2023), berikut 5 pesepakbola top dunia yang berkhianat dan pilih bela negara lain.



BACA JUGA: 7 Selebrasi Gol Paling Unik tapi Berakhir dengan Kartu Merah, Nomor 1 Dilakukan Eks Bomber Manchester United!

5. Pepe

Pepe

Salah satu pesepakbola top dunia yang berkhianat dan pilih bela negara lain adalah Pepe. Dia diketahui lahir di Brasil, tepatnya di Maceio, State of Alagoas, pada 26 Februari 1983.

Namun, Pepe tidak pernah dipilih untuk bermain di Timnas Brasil, bahkan untuk kelompok usia. Alhasil, eks pemain Real Madrid ini memutuskan untuk pindah ke Portugal untuk memajukan karier klubnya.

Pepe pun akhirnya memperoleh kewarganegaraan Portugal pada 2007, setelah enam tahun membela Maritimo dan Porto. Pada tahun yang sama, dia pun melakukan debut membela Timnas Portugal. Tak hanya itu, Pepe juga bergabung ke tim impian, Real Madrid.

4. Lukas Podolski

Lukas Podolski

Lalu, ada Lukas Podolski. Dia diketahui lahir di Polandia pada 4 Juni 1985. Namun, Lukas Podolski memutuskan membela Timnas Jerman.

Dia mendapat kesempatan membela Timnas Jerman usai keluarganya beremigrasi dari Polandia ke Jerman Barat. Hal itu terjadi kala Podolski baru berusi dua tahun. Dia pun diberi kewarganegaraan Jerman karena kakek dan neneknya adalah warga negara Jerman.

Pemain berusia 29 tahun itu pun mengklaim Federasi Sepakbola Polandia baru menunjukkan minat kepadanya setelah dia mulai bermain untuk tim muda Timnas Jerman. Padahal kala itu, masa depan internasionalnya telah diputuskan.


Follow Berita Okezone di Google News

3. Raheem Sterling

Raheem Sterling

Di urutan ketiga, ada Raheem Sterling. Salah satu pemain muda berbakat di Liga Inggris ini diketahui lahir di Kingston, Jamaika. Namun, dia lebih memilih membela Timnas Inggris.

Raheem Sterling diketahui beremigrasi ke London, Inggris, bersama ibunya ketika dia berusia lima tahun. Setelah dididik di akademi Queens Park Rangers, dia diincar oleh bos Liverpool, Rafael Benitez, ketika berusia 15 tahun.

Sterling kemudian melakukan debut di Timnas Inggris senior pada 2012. Hingga kini, dia masih terus dipercaya memperkuat Timnas Inggris di berbagai ajang bergengsi.

2. Diego Costa

Diego Costa

Lahir di Lagarto, Brasil, Diego Costa memutuskan berpaling membela Timnas Spanyok. Sejatinya, Costa pernah menarik perhatian pelatih Timnas Brasil pada 2013, yakni Luiz Felipe Scolari.

Dia pun bermain membela Timnas Brasil dalam pertandingan persahabatan melawan Italia di Jenewa. Kemudian, dia kembali dimainkan melawan Rusia di London.

Namun, pada tahun yang sama, Costa memutuskan ingin beralih ke Timnas Spanyol setelah memperoleh kewarganegaraan selama enam tahun di Atletico Madrid. Ini jadi keputusan yang mengejutkan banyak orang, mengingat Piala Dunia sudah di depan mata kala itu. Costa melakukan debutnya di Timnas Spanyol hampir tepat setahun setelah pertama kali bermain untuk Brasil.

1. Alfredo Di Stefano

Alfredo di Stefano

Terakhir, ada Alfredo Di Stefano. Saat berusia 21 tahun, legenda Real Madrid ini bermain untuk negara asalnya, Timnas Argentina. Dia tampil gemilang dengan mencetak 6 gol dalam 6 pertandingan.

Namun, 10 tahun kemudian, Alfredo Di Stefano memperoleh kewarganegaraan Spanyol usai pindah ke Madrid. Dia pun tampil 31 kali untuk Timnas Spanyol dan mencetak 23 gol. Dia bahkan membantu Spanyol ke Piala Dunia 1962, meski akhirnya pensiun setelah itu.