Bola  

Kisah Pemain Timnas Indonesia Marc Klok yang Bermimpi Jadi Pemain Manchester United : Wallpaperspeed Bola

KISAH pemain Timnas Indonesia Marc Klok yang bermimpi jadi pemain Manchester United menarik untuk diulas. Jauh sebelum merantau ke tanah Asia, pemain bernama lengkap Marc Anthony Klok ini punya mimpi menapaki karier cemerlang di Eropa.

Gelandang 29 tahun itu bahkan punya mimpi bermain di raksasa Liga Inggris, Manchester United. Akan tetapi, takdir membawanya ke jalan lain.



Marc Klok

Alih-alih cemerlang di Eropa, Marc Klok justru jadi salah satu pemain bintang di Asia, khususnya di Indonesia. Salah satu bukti hebatnya karier Marc Klok di Tanah Air adalah ia mampu tembus skuad utama Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Ya, nama Marc Klok memang banyak diperbincangkan dalam dua tahun terakhir. Hal itu tak terlepas dari karernya yang cukup cemerlang di sejumlah tim papan atas Liga Indonesia.

Meski begitu, Marc Klok sebenarnya memulai karier di Belanda. Bahkan, ia lahir dan menghabiskan masa remajanya di Belanda.

BACA JUGA:Kenang Momen Piala AFF 2022 Bersama Timnas Indonesia, Marc Klok: Pengalaman yang Indah

Marc Klok remaja memulai karier di FC Utrecht U-19 pada usia 18 tahun. Secara penampilan ia cukup moncer hingga dipercaya timnya untuk naik level ke U-21 pada usianya yang ke-19.

Terus menekuni karier di sana, Marc Klok pun mulai menarik perhatian tim di luar Belanda. Pada 2013, salah satu klub Skotlandia, Ross County memboyongnya dari FC Utrecht.

Ia tak lama di Skotlandia, klub Bulgaria Cherno More pun tertarik menggunakan jasanya. Tepat pada Oktober 2014, ia pun hijrah ke klub tersebut.

BACA JUGA:Kisah Karier Marc Klok, Pemain Andalan Timnas Indonesia yang Rela Berbohong demi Bermain di Indonesia

Perjalanan kariernya terus mendapat perhatian dari sejumlah tim Eropa. Oldham Athletic membajaknya dari Cherno More pada Juli 2016.

Hanya bertahan satu tahun, Marc Klok kembali hijrah ke Skotlandia. Kali ini, ia bergabung dengan Dundee FC pada Januari 2017.

Uniknya, ia tak bertahan lama di Skotlandia. Pada April 2017, ia memutuskan untuk mencoba peruntungan baru di tanah Asia. Padahal, ia mengaku punya mimpi buat mentas di kasta tertinggi Liga Inggris bersama Manchester United.


Follow Berita Okezone di Google News

“Saya punya mimpi main di Manchester United. Tapi, tak main di klub besar Eropa membuat saya susah mewujudkan mimpi itu,” ucap Marc Klok dikutip dari YouTube Hamka Story 23.

Marc Klok

Seperti yang sudah disinggung, pada April 2017 ia melancong ke tanah Asia, tepatnya Indonesia. Klub pertamanya di Indonesia adalah PSM Makassar.

Saat itu, PSM Makassar masih ditangani Robert Rene Alberts. Juru taktik asal Belanda itu tahu kemampuan Marc Klok. Pria 68 tahun itu lantas mengajak Marc Klok bergabung dengan PSM Makassar.

Setelah dipikirkan secara matang, Marc Klok yang masih berusia 23 tahun saat itu, berani mengambil penawaran Robert Alberts. Ia pun resmi berseragam PSM Makassar pada 15 April 2017.

Dalam perjalanan kariernya, ia mengundang perhatian sejumlah tim besar di Indonesia. Hingga ia pun pernah berseragam Persija Jakarta (2020-2021) dan memutuskan gabung Persib Bandung pada pertengahan 2021.

BACA JUGA:Dokter Tim Persib Bandung Ungkap Kondisi Terkini Marc Klok dan Febri Haryadi

Di pertengahan kariernya, pada tahun 2020 ia pun resmi dinaturalisasi oleh PSSI sebagai Warga Negara Indonesia. Kendati demikian, Marc Klok baru dipanggil ke Timnas Indonesia pada tahun 2022 oleh Shin Tae-yong.

Melihat kariernya saat ini, Marc Klok pun bersyukur. Saat ini ia mulai merajut mimpi baru untuk bisa berkarier cemerlang di Indonesia, juga punya ambisi besar membawa Timnas Indonesia bersaing di level Asia hingga dunia.

“Mungkin lebih bagus saya ke Asia. Di sini (Indonesia) saya berpikir mungkin karier saya bisa cemerlang. Saya punya perasaan bagus ketika memutuskan ke Asia di usia saya yang masih muda,” pungkas Marc Klok.