Sempat Dipuji Jokowi, Ini Cerita Kapolri Saat Gercep Tangani Kasus Ibu Cekoki Bayi Kopi Susu

Suara.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat mendapatkan pujian dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena gerak cepat menangani kasus viral seorang ibu yang memberikan bayinya kopi susu. Listyo menyebut kalau anggotanya yang pertama kali melihat videonya.

“Kebetulan anggota kami melihat dan itu viral,” kata Listyo usai pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Rabu (25/1/2023).

Listyo menerangkan bahwa dugaan awalnya sang ibu hendak memberikan susu untuk bayinya. Namun dikarenakan tidak mampu, maka ia memberikan kopi susu.

Kasus itu, kata Listyo, sudah ditindaklanjuti oleh jajarannya. Kemudian, atas adanya penemuan kasus tersebut, Listyo memerintahkan kepada seluruh jajarannya setingkat kapolres untuk mengecek kondisi ibu-ibu di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga:
Kaesang Siap Terjun Ke Dunia Politik, Inikah Awal Dinasti Politik Jokowi ?

“Kemudian polri bisa ikut membantu untuk menyalurkan kebutuhan-kebutuhan bagi masyarakat, bagi ibu-ibu yang hamil, ibu-ibu yang membutuhkan tambahan untuk gizi, kemudian juga anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan,” tuturnya.

Sebelum, Jokowi menyoroti kasus seorang ibu yang memberikan kopi susu kepada anaknya masih bayi. Ia melihat langkah cepat pihak kepolisian untuk menemui ibu tersebut.

“Sehingga yang saya baca polisi menemui orang tua bayi,” kata Jokowi saat memberikan arahan saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Rabu (25/1/2023).

Sebenarnya Jokowi tidak menyalahkan langkah cepat yang dilakukan oleh pihak kepolisian. Akan tetapi, alangkah baiknya yang lebih cepat datang itu adalah kader dari Posyandu maupun BKKBN.

“Tapi seharusnya yang benar mestinya kader Posyandu, kader dari BKKBN yang datang ke sana, bukan karena kecepatan kapolri mungkin. Karena reaksi kapolri cepat maka datang lebih cepat dari kader,” ujarnya.

Baca Juga:
Jokowi Ungkap Fakta ‘Saling Sikut’ Antar Negara G20: Kelihatannya Aja Baik-baik

Hal tersebut disampaikan Jokowi karena menurutnya penyuluhan menjadi hal penting bagi seorang ibu yang memiliki bayi. Apalagi untuk seorang ibu yang memberikan kopi susu bagi anaknya yang masih berusia 7 bulan.