Ternyata Ada Kandang Macan di Bus AKAP, Penumpang Jangan Salah Masuk! : Wallpaperspeed Otomotif

JAKARTA – Banyak istilah unik yang digunakan pelaku perjalanan bus antar kota antar provinsi (AKAP). Umumnya, istilah tersebut hanya diketahui oleh Busmania. Salah satu istilah unik yang digunakan adalah “kandang macan”.

Istilah “kandang macan” di sini bukan berarti bus AKAP memiliki tempat penyimpanan macan. Istilah kandang macan di sini berarti tempat beristirahat para awak bus AKAP.

Berdasarkan penuturan Jenderal Busmania Community Yulius Jatmiko, istilah kandang macan sangat popular di kalangan kru bus dan pecintanya. Kandang macan bus berada di tempat yang berbeda dan umumnya berada di bagian belakang.

Selain di belakang, ada juga kandang macan yang ditempatkan di bagian depan bus, tepatnya di samping jok sopir. Kandang macan yang berada di depan hanya ada pada bus tingkat yang memiliki deck tinggi sehingga punya ruang kosong.

Kandang macan dapat dilihat dalam unggahan video di kanal YouTube YUTAKA BUS Channel. Pada video tersebut menunjukkan posisi kandang macan yang ada pada bus dengan bodi Jetbus SHD3+ sasis premium.

Setiap bus jarak jauh selalu memiliki dua orang sopir. Satu sopir mengemudi dan satu lainnya beristirahat di kandang macan. Sedangkan untuk bus jarak dekat tidak selalu ada kandang macan karena rute yang dilalui adalah jarak dekat dan perjalanan relatif singkat.


Follow Berita Okezone di Google News

“Sedangkan untuk bus pariwisata, biasanya kandang macan terdapat di bagasi sebelah kanan. Sopir bus yang ingin istrirahat menggelar sleeping bag di sana. Biasanya juga menyesuaikan kebutuhan, apakah membutuhkan kandang macan atau tidak,” ungkapnya.