Anime  

[JOI Spotlight] Prosperity 2023 Edition

Gong Xi Fa Cai Tahun 2023 untuk kalian semua dari staf JOI yang tentunya masih hadir via JOI Spotlight. Mari kita simak impresi berbagai seri yang sudah masuk episode ketiganya.

Benriya Saitou-san 02

Kaczmarek

A dramatic start off the bat. Demen sama detail tulang rusuknya Saitou ampe nembus gitu. Kita dapet dua separate scenario soal raja dan duo perempuan itu. Anyway, kita dapet alasan kenapa si Lafanpan ukurannya sekecil itu dan soal duit yang selalu jadi masalah baginya. Cukup miris dia harus ngasih seserahan gegara kutukan itu. Satu hal yang bikin penasaran disini kenapa Mevena sampe segitunya ngasih sugesti ke Saitou haha.

BlueHeaven

Akhirnya kita dikasih tahu kenapa ini mini peri hobi koleksi koin. Bukan karena mata duitan ya, tapi emang kodrat yang sudah tentukan begitu. Saya cukup terhibur dengan kisah raja dan perdana mentrinya. Jarang banget atau mungkin ga ada cerita yang setting modelnya kayak gini. Kekuatan dari serial ini berada pada karakternya. Kalau saja animenya dibuat lebih terstruktur, mungkin bisa jadi dark horse seperti Bocchi The Rock musim kemarin.

Kyokou Suiri S2 02

Kaptain

Episode perkenalan yang jauh lebih berkualitas. Harusnya dari kemaren gini daripada ngasih eksposisi yang belepotan. Udah gitu sama kayak si mantan polisi di musim lalu, lebih menarik kalau kasus dilihat dari sudut pandang “orang luar” daripada para demit.

Si Yuuki-Onna diperanin Aoi Yuuki jadi ini dah nilai plus gede. Udah gitu pake typecast flirty dia lagi.

Kaczmarek

Welcome to the beginning of the beginning. Trope yang dinanti-nanti, dan momen Yuki-Onna yang sudah menjadi objektif beberapa penonton.

BlueHeaven

I just leave my comment here. Tidak, kau tidak bisa menarikku untuk menonton anime ceramah ini lagi. Meski yuki onnanya cakep setingkat badai salju, saya tidak akan tertipu untuk kedua kalinya. Cukup tahu dan melirik cuplikan, tinggalkan dan terima kasih.

Revengers 03

Kaptain

Di sejarah nyata, Dejima itu punya posisi menarik. Dimulai dari satu dari sedikit pelabuhan yang diijinin buat ngelakuin perdagangan global hingga jadi pusat pelatihan angkatan laut. Emang ga pantes ngomong soal realisme di seri di mana karakter nyekik orang pake kertas, tapi ini realistik juga pas diungkap kalau aparat lokal tahu dan nolerir aktivitas toko selama mereka bisa dapet “tenaga sukarela”.

Lanjut dari pertanyaan saya dari minggu lalu, kata Wiki Nio tuh laki-laki jadi itu misteri utama udah ditutup. I see what you’re doing show, ngasih karakter tipe gini yang jadi target godaan.

Mononogatari 02

Kaczmarek

MC-nya memang bikin sakit pantat, tapi minimal di episode ini agak mengendurkan urat sarafnya demi melindungi posisinya. Masih banyak tanda tanya karena gak baca manga-nya sejauh ini. Kayaknya gak cukup pake 3 eps rule disini, nunggu setengah cour deh minimal. Btw, BN Pictures jadi reguler untuk nganimasiin seri yang demografinya bukan anak-anak.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 16

Kaczmarek

Annerose butuh pelajaran, Beatrix akhirnya berkenalan, dan Rose dalam pelarian. Cid masih maenin peran dalam arc yang sebenernya penuh dengan introductory daripada significant progress. Beberapa anekdot Cid, dan dua temannya jadi puncak terbaik di episode ini. Sementara Beatrix akhirnya buka kerudung di tengah badannya yang sudah terbuka. Ini Mikakoshi belum lama lahiran udah dapet role lagi, semoga tetep sehat deh buat jagain buah hati barunya dan ngingetin Tomoaki Maeno untuk stop nge-Genshin dulu.

BlueHeaven

Kesehatan leher itu penting untuk dijaga.

Kancolle Itsumi Ano Umi de 06

Not actual frame tho

Kaczmarek

Keknya pattern model animasi di adaptasi ini sudah jelas ya. Pertama, momen di base selalu menggunakan pace lambat untuk ngegambarin kenyataan disana. Dikasih komedi Yukikaze makan satu ember jeruk dan sakit perut, dan ini bikin Saberkaze dan Yahagi berangnya minta ampun. Kedua, momen battle phase bakal jadi lembah budget terdalam karena banyak detail yang harus diadaptasi kayak gerakan angin, ombak, gunshot, dan mekanisme gerakan kanmusu serta abyssalnya.

Banyak yang nanya di Twitter kemana kanmusu lainnya yang sempet nongol di episode-episode awal. Sebagian besar sudah berangkat ke Taiwan nemenin Kongou dan kolega, atau terpaksa ekspedisi kayak Ise dan Hyuuga serta beberapa destroyer lain yang ke Singapura. Beberapa udah retire karena secara fisik udah gak kuat macem istrinya Admiral, Fusou, kanmusu lain kayak Shiratsuyu. Yahagi udah bilang manpower di Sasebo itu kecil, jadi gak heran dia marah Yukikaze berbuat ceroboh. Baliknya Ryuuhou minimal nambahin situasi dimana gak semua CVL tenggelam atau pensiun. Kaiboukan dkk juga dapet momen lucu disini untuk ngebersihin SS. Siapa juga yang ngirim anak kecil ke medan perang?

DanMachi IV 14

Kaczmarek

Hah capek sudah, tapi pertarungan pasca Raider Fish belum kelar. Misi keluar dari dungeon ini masih ½ jalan di saat energi di tubuh mereka sudah tiris. Cassandra paling enggak udah gak jadi pushover minimal sampe keluar dungeon. Sementara Ryuu masih dalam momen flashback di tengah tidurnya. Entah mereka mau masukin material dari Astrea Record atau enggak. Karena kalo ini cour kedua mau dipanjangin sampe 12 episode, normalnya mereka mupuk skenario dari novel side-story itu.

Ningen Fushin no Boukensha-tachi 03

Kaczmarek

OK, gue putusin nonton ini sampe abis. Alasannya cuma di Curran. IDK, i’m weak to cute musclehead girl. Geek Toys terkenal sama produksinya yang gak konsisten. Dalam arti kualitas mereka masih bergantung sama budget + SDM, dan core staff-nya belum sepenuhnya bertahan di dalam proyek studio ini. Saya bisa ngeliat adegan terbang Nick yang sepenuhnya lebih ke parodi daripada animasi yang jadi investasi.

Itsuki Imazaki butuh tambahan tenaga di komposisi seri kayaknya kalo ngeliat beban dia di proyek ini. Imazaki bukan cuma sutradara, tapi cuma penyusun seri, storyboard writer, skripter, animator kunci, dan pengarah animasi di awal-awal episode ini.

BlueHeaven

Full satu episode buat ngebahas Curran. Akhirnya semua karakter komplit back storynya. Tinggal untuk story ke depannya gimana karena sudah dinubuatkan narator kalau party kacau ini bakal nyelamatin dunia.

Spy Kyoushitsu 03

Kaczmarek

Volume pertama selesai. Gimana skornya? Saya cuma bisa kasih 5/10. Bukan soal kualitas cerita, tapi penyusunan skenario dari material utama ke animasinya. Nampaknya apapun yang dikerjain feel selalu muncul asumsi rush di dalemnya. Entah kenapa kayak ada campur tangan Tenshou di adaptasi ini. Mungkin beberapa alur ngingetin saya sama pengarahannya di Grisaia.

BlueHeaven

Buat saya yang bukan pembaca novelnya, saya kasih surprise/10. Plot twistnya kejaga baik-baik sampai akhir si Erna muncul. Itu bagi saya gg sih bisa mengelabui penonton bahkan sejak anime ini belum tayang. Kalau ini anime orisinal pasti bagus banget.

Yang jadi keberatan justru logikanya yang agak naif. Klaus ini digadang-gadang sebagai spy terbaik seantero negeri. Eh, malah spill semua keikaku di markas musuh dong (keikaku means plan). Dia bisa aware kalau ada spy yang ngawasin selama sebulan mereka di rumah, tapi kok ga bisa aware di kandang lawan malah dispill semuanya. Tuh kan ada sniper di balik batu. Hayoloh semua rahasianya kebuka. Emang blunder brother Gokujou-sensei satu ini.

Isekai Nonbiri Nouka 03

Kaczmarek

Tia memadu, beberapa high elf seperti Ria juga dateng, dan off-screen sex-nya semoga tetep dijaga alias dipendem aja. Teasing moment boleh deh diadaptasi kayak hal sugestif dari para high elf, tapi dari yang bakal nongol seperti di animasi pembukanya, kita gak bakal nyampe ke Centaur. Minimal ke Mountain Elf yang secara gak langsung disisain di bagian akhir. Ini bakal nyampe festival pertama gak ya? Karena ini mereka pake skenario novel yang runut, daripada versi manga-nya. Entah ngapa gue ikutan angkat tangan tiap Zabuton atau anaknya ngasih salut.

BlueHeaven

“Zabuton desu!” Saya ngakak tiap kali lihat istri pertama ngenalin best girl di seri ini. Zabuton itu laba-laba paling imut yang pernah saya temui di serial isekai. Kumo desu ga mah lewat. Soal elf dan lainnya saya serahkan pada yang lain.

Bofuri Season 2 02

BlueHeaven

Well, you got Maple with new skills. What else? Sally ketakutan? Lucu sih, cuma di saya kayak ada yang kurang nendang gitu buat Bofuri season 2. Mungkin perlu dibikin lawan yang agak repotin Maple baru saya bisa excited nontonnya.

Tomo-chan wa Onnanoko 03

BlueHeaven

Carol makin hari makin imut. Biar tampang bego, tapi lebih pinter lah daripada Tomo. Kelakuan kombi Misuzu sama Carol ga ada obat. Bersama mereka pasti bisa menaklukan dunia.

Koori Zokusei Danshi to Cool na Douryou Joshi 03

BlueHeaven

Praise Nyamero! Bless

Kubo-san wa Mob wo Yurusanai 02

BlueHeaven

Effortnya Kubo untuk bangun pagi biar bisa jalan ke sekolah bareng ayang itu luar biasa ciamik. Episode ini juga nampilin kakaknya Kubo yang seperti elang siap menyambar mangsanya. Tolong dijaga doimu Kubo, jangan sampai onee-san tahu, bisa tambah menarik soalnya kalau ketahuan.

Buddy Daddies 03

BlueHeaven

Kalau Miri diserahin di episode ini, kelar sudah ini anime. Untungnya duo pembunuh bayaran ini masih ada sisi manusiawi. Dengan demikian fix kombinasi trio ini bahkan terus ada sampai akhir.

Tenten Kakumei 03

BlueHeaven

Slow pace dengan sedikit kemajuan. Minggu depan kayaknya baru langsung gas brutal.

Tondemo Skill de Isekai Hourou Meshi 02

BlueHeaven

Classic isekai episode kangen nasi. Fenrir bisa juga disuruh-suruh berburu. Untuknya masalah politik bisa lewat begitu saja. Kalau serialnya slice of life gini sih emang wajib diskip yang begituan.

Yang menariknya lagi di sini adalah dua macam guild yang bagaikan bumi dan bulan. Bagian pertama dimanjakan dengan resepsionis idaman, eh yang kedua malah preman. Menarik sih kalau ada momen dua macam guild ini diadu.

Eiyuuou 03

BlueHeaven

Jelek banget sistem kastanya. Udah gini bisa dimanipulasi pula. Yes, I said moneypulation. Tolong highlander satu ini kalau lagi ngefly harus disadarin pake jotosnya Inglis. Mana ada pula anjing pengkhianat langsung muncul di akhir episode. Menarik sih untuk dinantikan kelanjutannya.

Kaiko sareta Ankoku Heishi (30-dai) no Slow na Second Life 03

BlueHeaven

Well, I thought this series gonna be bland tapi ternyata masih bisa berbicara banyak. Apalagi dibukanya plot desa sudah tidak sepi lagi. Clash dengan demon lord juga semakin pendek jaraknya. Makin menarik karena potensi konflik bisa masuk dari dua sisi.

Shin Shinka no Mi 02

BlueHeaven

Sebenarnya, potensi untuk musim kedua Shinka no Mi ini bagus. Tapi eksekusinya masih lebih sering missnya. Ini bukan masalah hambar atau bukan. Rame loh isinya dan harusnya bagus. Tapi pas mereka mencoba jokes receh, di pikiran saya bertanya-tanya mengapa mereka menghabiskan durasi hanya untuk beginian. Bocchi The Rock bisa receh dan absurd dan mereka itu hit, tapi Shinka no Mi tidak. Alhasil, sudah kelihatan ada tidak bisa dimaksimalkan dalam episode ini. Udah langsung aja masuk ke inti masalah, pasukan demon lord yang tidak tahu menahu soal Seichi akan mengalami nasib apes ketika bertemu nanti. Wah, sepertinya ok tapi saya kurang ketrigger ya? Butuh penataan yang lebih tepat untuk anime ini. Semoga ke depannya bisa diperbaiki agar lebih menarik.

Tsundere Akuyaku Reijou Liselotte 03

BlueHeaven

Akhirnya direveal juga kenapa ada beberapa scene memperlihatkan Endou yang termenung sambil menatap lapangan bisbol. Back story ini juga mengungkap kenapa Endou sama Kobayashi bisa akrab dan tergabung dalam klub broadcasting.

Kembali ke dunia visual novel, Liese-tan ini labil juga ya. Udah enak-enak plot dibawa ke pangeran yang sudah kesesem sama dia, eh malah aktif lagi rute gelapnya. Baldur ini juga main nyatain perasaan aja, di tengah hutan pula. Tolong kalau kandidat cowonya begini mending buka rute baru yang menyimpang.

Itu siapa pula yang main game ditunjukkin di akhir episode. Calon buat jadi villain kah?

Sugar Apple Fairy Tale 03

BlueHeaven

Konflik yang mulai ditunjukkan di episode ini mulai menarik. Si Jonas mulai menunjukkan belangnya. Semoga dengan dorongan ini Ann bisa sadar dan ga terus-terusan punya mental bocah. Itu yang sebenarnya pengen ditunjukkan Challe, tapi fairy ikemen satu ini terlalu jaim sama majikannya.

Ars no Kyojuu 03

BlueHeaven

Butuh 3 episode agar saya yakin buat angkat anime ini ke spotlight. Selama ini saya nonton masih belum nemu esensinya. Awalnya saya kira anime ini adalah adaptasi dari game, tapi ternyata original. Soalnya pembawaan karakternya masih kurang jelas dan terkesan seperti adaptasi game pada umumnya. Asal cameo sudah tampil, kelar. Daripada perjalanan si nomor 22 dan penjaganya, saya lebih tertarik dengan yang ada di istana raja yang muncul berapa sekian detik di tiap akhir episode.

Kaptain

Saya bukan pemburu monster profesional, tapi saya nggak yakin ngebiarin orang yang terbukti bisa mbakar orang lain jadi abu secara nggak sengaja itu aman ngedeketin anak-anak. Di luar itu saya cuma bisa bilang ini masih kompeten, via ngasih sidequest yang juga ngungkap worldbuilding.

Saikyou Onmyouji 03

Kaczmarek

Kayaknya saya punya adiksi terhadap suaranya Yumirin. Sampe-sampe nyari apa seiyuu yang juga presiden agensi ini pernah ngikut proyek ASMR. Anyway, kita dapet objektif Seika untuk masa depannya selain menempa potensi budaknya, Efa. Agak gak nyangka pertarungan dengan monster itu dibikin hampir setengah episode. Tiga episode demi nge-cover 75% volume pertama novelnya.

Maou Gakuin no Futekigousha II 03

Kaczmarek

Mungkin ini jadi bagian ter-absurd dari yang gue baca di novelnya. Tapi sekali-kali ngasih momen Baka to Test gini gapapa sih untuk ngecairin tensi di dua episode awal. Prolog volume keempat yang mungkin bakal ke thwart lumayan karena terkhusus volume ini dibagi jadi dua act. Disini jadi permulaan dari Anos untuk jadi Demon King of Tyranny, sementara Misa bakal bertemu kedua orang tuanya untuk pertama kalinya. Udah ketemu Reno sih, tinggal Shin yang masih absen.

Batang Anos jadi meme sendiri di fandomnya. Namun Curva Sud Voldigoad ini juga tak henti-hentinya bikin meringis penontonnya. Namanya juga fangirls, dan sekecil kontak dengan idolanya sudah masuk dalam fantasi terabsurd mereka, termasuk indirect teleportation = indirect kiss.

BlueHeaven

Ini dia yang bisa disebut sebagai real battle. Ga kayak Bofuri yang ga nyampe 5 menit, Seika walau op betul tahu bagaimana mendikte pertarungan dengan benar. Orang nonton juga betah jadinya. Soal ujian praktik masuk sekolah sudah common ya templatenya.

Otonari no Tenshi-sama 03

Kaczmarek

Nice cliffhanger there! Memang gak sepenuhnya langsung di-cover ini volume pertama wkwk. Dengan gini stretching di pertengahan episode bisa kepake secara maksimal. Hanya aja yang paling berkesan bukan saat mendulang kue itu, tapi saat ibunya Amane dateng dan mulai ngasih kesimpulan layaknya seorang ibu. DAN BUKAN PROJECT NO 9 KALO GAK NGELIBATIN HISAKO KANEMOTO KE PROYEK MEREKA. Ini desain karakter animasinya gak bisa lepas dari proyek Queen’s Blade dan proyek hentong Shocking Pink. Udah trademark-nya Noguchi-sensei banget.

BlueHeaven

Oho, now that’s interesting. Kita sudah mendekati penghujung volume pertama. Jadi, sesuatu yang mulai seru akan mulai terlihat daripada kelebihan kadar gula dari ngelihat sepasang tetangga yang selalu berduaan kalau ga di sekolah. Praise riajuu for this case.

Nier Automata 03

Kaptain

You got me, show. Ada cukup twist di adaptasi sama fanservice kayak Iron Will di toko. Kamp di adaptasi ini ternyata Lily yang mimpin, bukan Anemone. Facade dari prekuel bisa hadir sebagai kameo, dan Jackass juga jadi lebih terlibat sama cerita.

Tentu aja abis banyak konten yang ngasih saya banyak itikad baik nih anime mesti ditunda sampe waktu yang gak ditentukan.

Sen no Kiseki – North War 03

Kaptain

“Lavi digilas sama badut yang punya pasukan Mishy” itu bukan sesuatu yang saya kira bakal terjadi di nih entri. Sekali lagi ga bisa jalan kaki di Zemuria tanpa nyenggol orang berbahaya. Agak kecewa aja ini di Ordis tapi Leo ga nongol.

Trigun Stampede 03

Kaptain

Sesuai harapan saya nggak hanya akhirnya ketemu anggota Gungho Guns, Knives juga hadir. Di awal juga ada komentar soal kenapa harga kepala dia 6 juta doang, yang saya baru ngeh ini karena Lost July masih belum terjadi jadi Vash juga masih belum bisa pake Angel Arm.

Roukin8 03

BlueHeaven

Awal-awal kita dikasih lihat betapa liciknya Mitsuha buat masuk ke circle keluarga bangsawan baik ini. Ceritanya emang real, tapi settingan. Jadi mau baper harusnya gak. Tapi… pas Mitsuha nangis, damn. Anak yatim pasti ngerti perasaan MC satu ini. Well build up buat episode yang mayoritasnya berpusat di meja makan keluarga.

Blue Lock 15

BlueHeaven

Episode ini mengungkap latar belakang dari Naruhaya yang sudah yatim piatu dan hidup susah bersama setengah lusin bersaudara. Ini orang tuanya semangat banget dah bikin anak, tapi ya mau komen lebih jauh malah jadi terlalu gelap jalannya. Sayangnya Blue Lock tidak pandang belas kasih. Isagi tentu memilih Barou yang sudah pasti bisa diandalkan. Dia sudah melihat tim Rin yang cuma modal individu sudah pasti lancar jalannya. Good bye Naruhaya, at least for now

Blue Archive

Kaptain

Bakal lebih fokus ke stream hari ini ngeliat global juga nunggu roll S.Hoshino bentar lagi. Anime TV dapet, volume penutup season pertama juga dapet via global raid dan siswi khusus Schale juga akhirnya terwujud. Kayaknya buat season 2 akhirnya perkara di failed timeline mesti diurus juga.

Karena dia ga bisa berhenti bikin perkara ya Mika aja yang limited.

Girls Frontline

Kaptain

Fixed Point kelar. Kurang lebih buat pengukuh kalau keputusan SKK buat tetap ngancurin Paradeus bakal bikin dia kena blacklist sama sisa peradaban. Sempat kespoil soal akhir dari misi pas rilis di CN, tapi setelah main sendiri ya ada alasan yang jelas soal si SKK yang mertimbangin antara milih untuk ngikut perintah atau ngelakuin hal yang benar.

Power cap juga dah ditentuin. Tech level SKK dah ngejar level Paradeus via tim DEFY baru dan nantinya dapet kakak-adik tertentu. Sayangnya juga udah jelas ini batas kekuatan SKK sebagai komandan pasukan bayaran. Buat season akhir nanti ya tinggal ngeorganisir aset yang tersisa buat ngasih serangan yang berarti ke Avernus.

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: Songchuanli