Nora Alexandra Terima Jerinx SID Meski Sempat Dibui, Memang Penjara Bisa Bikin Orang Tobat?

Suara.com – Nora Alexandra kecewa pada Jerinx SID hingga menuntut cerai. Ia menyampaikan berbagai keluhan terhadap suaminya. Salah satunya dibui alias dipenjara tidak membuat lelaki bernama asli I Gede Ari Astina itu jera. Memang bisa penjara buat seorang kapok?

Nora Alexandra mengatakan, ia sudah berkorban menemani Jerinx saat dipenjara dan menerima segala risiko yang ada. Tapi nyatanya setelah keluar dari penjara, lelaki itu tidak kunjung menepati janjinya untuk hidup normal memiliki buah hati dengannya.

Tapi malah kembali asik di media sosial, dan yang terkini mengutarakan soal propaganda elit global di KTT G20 yang digelar di Bali beberapa waktu lalu.

Kemesraan Nora Alexandra dan Jerinx SID (Instagram/@true_jrx)
Kemesraan Nora Alexandra dan Jerinx SID (Instagram/@true_jrx)

“Sudah saya terima segala resiko, contoh dua kali dibui saya tetap ada buat dia, walau saya yang harus disalahkan oleh sebagian netizen, gak diwajarkan resiko menikah kalau orangnya gak berubah. Harusnya bisa ngemong bukan bikin hati debar-debar dan was was pas posting hal sensitif,” ujar Nora dalam cuitannya di Twitter beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Alasan Minta Cerai pada Jerinx SID, Nora Alexandra: Jangan Bikin Saya Stres

Mengutip National Institute of Justice, Senin (21/11/2022) dalam esai Deterrence in the Twenty-First Century di 2013 membahas pencegahan kejahatan karena penjara, karya Daniel S. Nagin disebutkan mengirim penjahat ke penjara bukan cara efektif mencegah kejahatan.

Tapi penjara tetap berguna untuk menghukum penjahat dan menjauhkan mereka dari jalanan atau masyarakat umum. Tapi hukuman penjara tidak akan menghalangi pelaku untuk berbuat kejahatan kembali di masa mendatang.

Yang lebih menakutkan, ternyata penjara punya efek sebaliknya, yaitu ia menyusun kejahatan yang lebih efektif dan bergabung satu sama lain. Apalagi menghabiskan waktu penjara juga membuat ketakutan, seseorang akan dipenjara kembali berkurang karena merasa sudah pernah.

Bahkan mempererat hukuman penjara juga tidak banyak membantu pencegahan kejahatan, karena penjahat jadi mengetahui apa hukuman yang akan diterima dan mampukah mereka menghadapinya.

Adapun Jerinx Superman Is Dead sempat dipenjara pada 2020 dengan vonis 1 tahun 2 bulan atas kasus UU ITE saat dirinya menyebut bahwa Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merupakan kacung dari World Health Organization (WHO).

Baca Juga:
Jerinx SID Dilarang Kritis oleh Nora Alexandra, Sampai Minta Cerai?

Tak berselang lama, Jerinx kembali diperkarakan pada karena kasus pengancaman kepada pegiat media sosial Adam Deni pada 2022. Namun ia berhasil bebas bersyarat Agustus 2022.