Mengenal Ghanim Al Muftah, Qari Disabilitas di Pembukaan Piala Dunia 2022 yang Bikin Dunia Menangis

Suara.com – Piala Dunia 2022 telah resmi dibuka pada hari Minggu (20/11/2022) malam di Stadion Al Bayt, Qatar. Tentu saja, pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar digelar penuh kemegahan. Ada sederet selebritis dunia yang mengisi acara pembukaan tersebut.

Salah satu yang paling menarik adalah sosok remaja yang berbincang dengan aktor senior Morgan Freeman. Sosok remaja ini adalah Ghanim Al Muftah, yang merupakan duta Piala Dunia 2022 Qatar.

Ghanim Al Muftah bersama Morgan Freeman membawakan pesan perdamaian, di mana mereka berbincang di tengah lapangan untuk membicarakan tentang kemanusiaan, rasa hormat, dan inklusi.

Ghanim Al Muftah memang mencuri perhatian publik. Tak heran, banyak yang penasaran dan ingin tahu profil Ghanim Al Muftah. 

Profil Ghanim Al Muftah

Profil Ghanim Al Muftah memang menarik untuk disimak. Dirinya diberikan kesempatan untuk melantunkan sepotong ayat suci Al Quran pada opening ceremony Piala Dunia 2022 Qatar. Jika dilihat secara fisik, Ghanim Al Muftah memang berbeda.

Pemuda kelahiran 5 Mei 2002 itu memiliki kondisi langka mengidap Cudal Regression Syndrome (CDS), di mana penyakit ini menyebabkan Ghanim terlahir tanpa bagian bawah tubuh.

Setiap tahun, Ghanim Al Muftah mendapatkan perawatan dari ahli bedah di Eropa. Sementara itu, untuk beraktivitas sehari-hari Ghanim biasanya menggunakan bantuan kursi roda. Namun, Ghanim di beberapa situasi juga bisa beraktivitas tanpa bantuan kursi roda.

Kondisi fisik Ghanim bukan menjadi penghambat untuk dirinya tetap hidup dan berkarya. Terbukti, Ghanim bisa melakukan olahraga ekstrem seperti selam skuba, panjat tebing, hingga skateboard. Bahkan, Ghanim juga pernah menaklukkan Jebel Syams, puncak tertinggi di seluruh wilayah Teluk. Bahkan Ghanim bermimpi tanpa takut ingin suatu saat mendaki Gunung Everest. 

Ghanim Al Muftah, Sosok yang Inspiratif

Ghanim Al Muftah disebut sebagai sosok yang inspiratif, apalagi Ghanim juga memprioritaskan pendidikannya. Saat ini, Ghanim sedang mengejar gelar di jurusan ilmu politik yang diambilnya. Ghanim bercita-cita ingin menjadi seorang diplomat atau Perdana Menteri Qatar di masa depan. Selain itu, dirinya juga ingin menjadi seorang pengusaha, di mana keinginannya menjadi pengusaha sudah dirintis sejak sekarang.

Ghanim Al Muftah telah meluncurkan Gharissa Ice Cream, yaitu perusahaan yang menciptakan pengalaman minum es krim bintang lima di Qatar. Perusahaannya sudah berhasil memiliki enam cabang dengan 60 karyawan yang bekerja.

Selain itu, Ghanim Al Muftah juga aktif pula di media sosial seperti Instagram dengan jutaan pengikut. Ghanim kerap membagikan kegiatannya melalui unggahan foto maupun video di Instagram pribadi miliknya. 

Demikian ulasan mengenai profil Ghanim Al Muftah yang menarik untuk disimak. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama