Biden Berulangtahun Ke-80, Gedung Putih Tidak Lakukan Perayaan

Untuk pertama kali dalam sejarah, seorang presiden Amerika Serikat berulangtahun ke-80 di Gedung Putih. Joe Biden berulang tahun pada Minggu (20/11), namun tidak ada perayaan yang digelar secara terbuka untuk memperingati pertambahan usia sang presiden.

Pada Minggu (20/11) siang, Ibu Negara Jill Biden mengunggah sebuah pesan penuh kasih sayang, disertai dua foto yang memperlihatkan pasangan itu berdansa dengan pakaian formal.

“Saya hanya mau berdansa bersamamu. Selamat Ulang Tahun Joe! Saya mencintaimu,” cuit Jill Biden.

Hanya itu satu-satunya pesan dari Gedung Putih terkait ulang tahun Biden. Tidak ada acara publik yang dijadwalkan, dan tidak ada indikasi bagaimana atau bahkan apakah presiden akan merayakan ulang tahunnya.

Sehari sebelumnya, keluarga Biden mengadakan pesta akbar di Gedung Putih, yakni perkawinan cucu Biden, Naomi, yang tertutup bagi media.

Ada isu penting yang akan dibahas Biden dengan keluarganya dalam beberapa hari mendatang, yakni apakah ia akan mencalonkan diri pada 2024.

Ia mengatakan dalam konferensi pers 9 November bahwa ia “berniat” untuk mencalonkan diri. Dan Biden mengatakan bahwa ia dan isteri akan “menyelinap keluar” selama satu minggu antara Thanksgiving dan Natal untuk memutuskannya dengan keluarga.

Ia berjanji akan mengumumkan keputusannya pada awal 2023.

Berbagai jajak pendapat baru-baru ini menyebutkan sebagian besar warga AS tidak ingin Biden mencalonkan diri lagi.

Meski banyak tokoh berpengaruh berusia lebih dari 70 atau 75 tahun dalam politik AS, pemilihan paruh waktu telah membawa beberapa perubahan generasi dalam Partai Demokrat. [vm/lt]