Pentingnya asam amino untuk tubuh

Jakarta (ANTARA) – Asam amino merupakan senyawa organik penyusun zat gizi protein yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, terutama untuk aktivitas olahraga.

“Asam amino terdiri dari esensial dan non-esensial. Asam amino esensial memiliki beberapa fungsi seperti membantu memperbaiki jaringan otot, dan berfungsi menjadi produsen energi bagi tubuh,” kata Product & Nutrition – PT Ajinomoto Indonesia Sakinah dalam keterangan pers pada Senin.

Menurut dia, beberapa fungsi asam amino juga sangat diperlukan untuk meningkatkan performa olahraga dan mengurangi nyeri otot saat berolahraga.

Baca juga: Riset Elderly Project sebut asam amino glutamat bermanfaat bagi lansia

“Kita bisa umpamakan protein itu adalah rumah, dan asam amino ini adalah batu bata, atau unit terkecil yang menyusun rumah (protein) tersebut. Dari 9 asam amino esensial, terdapat Leusin, Isoleusin, dan Valin (BCAA) yang memiliki peranan sangat penting untuk mendukung performa olahraga,” kata dia.

BCAA dibutuhkan untuk meningkatkan masa otot, sehingga proses sintesis protein menjadi maksimal. Selain itu BCAA juga berfungsi untuk mengurangi kelelahan otot dan juga mempercepat proses pemulihan otot.

Menurut Sakinah, berdasarkan studi yang telah dilakukan sebelumnya, suplementasi BCAA ini dapat membantu meningkatkan perfoma pada atlet yang sedang melakukan latihan endurance sebanyak 20 persen, dan dapat juga memperpanjang durasi olahraga hingga 17 persen jika suplementasi BCAA diberikan 1 jam sebelum aktivitas olahraga.

Selain asam amino esensial, lebih luas ternyata gizi memiliki peranan penting dalam mendukung performa olahraga.

Ajinomoto melalui program “Winning Meals Kachimeshi” mendukung para atlet dan pegiat olahraga melalui perencanaan menu bergizi, dan pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan latihan harian.

Sementara itu, New Business Manager PT Ajinomoto Indonesia Melisa Margaretha  menambahkan, “Aminovital merupakan minuman jeli asam amino rasa apel Sport Drink No.1 di Jepang. Dalam 1 kemasan 100gr (2 sajian) mengandung 3.000 mg asam amino dan 1.640 mg BCAA (Leusin, Isoleusin, Valin) dan sudah bersertifikasi halal untuk para atlet dan para pegiat olahraga,” katanya.

“Produk Aminovital ini baik dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga atau di tengah-tengah berolahraga. Berbeda dengan protein, asam amino merupakan komponen terkecil penyusun protein dan dapat langsung diserap di dalam tubuh dalam 30 menit,” kata dia.

Baca juga: Ahli tekankan protein hewani miliki asam amino esensial lebih lengkap

Baca juga: Ahli: Asupan protein hewani pada anak usia 7-35 bulan sangat rendah

Baca juga: Manfaat asam amino esensial pada susu di setiap fase kehidupan

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022