Anies Picu ‘Bara’ Di Tubuh PPP, Kader Ramai Membelot Dukung Capres NasDem: “Elite Partai Ka’bah Ketar-ketir”

Suara.com – Sejumlah kelompok organisasi yang diisi relawan maupun kader partai bak menambuh ‘genderang perang’ jelang hajatan Pilpres 2024. Salah satunya dari Forum Ka’bah Membangun dan Forum Ulama Membangun di Yogyakarta.

Organisasi yang identik dengan kader-kader PPP mendeklarasikan diri untuk mendukung bakal capres dari Partai NasDem, Anies Baswedan.

Jalan politik dua organisasi itu tentu bertolak belakang dengan keputusan DPP PPP yang sebelumnya menyatakan bahwa sosok capres dan cawapres yang didukung masih menunggu keputusan bersama di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diisi PPP, Golkar dan PAN.

Terkait hal itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan tidak mempersoalkan langkah sejumlah kader karena memang DPP belum memutuskan soal sosok capres dan cawapres.

Baca Juga:
KIB Merespons Gejolak yang Terjadi di Internal PPP

“Sepanjang DPP PPP belum memutuskan belum memberikan sikap siapapun boleh beropini, boleh berwacana,” kata Baidowi, belum lama ini.

Hal itu, kata dia, akan berbeda jika setelah nanti DPP PPP (dan KIB) memutuskan sikap di pemilihan presiden 2024, semua kader harus loyal mematuhi instruksi pusat.

Baidowi juga menyatakan, orang-orang yang tergabung dalam Forum Ka’bah Membangun (FKM) bukan bagian dari struktur resmi PPP.

Karenanya, DPP PPP menganggap langkah FKM sebagai bagian dari masukan dari masyarakat.

“Kalau yang kemarin karena bukan dari PPP bukan struktur resmi PPP, ya kita anggap sebagai aspirasi masyarakat umum. Kalau pun tidak, representasi organisasi kemasyarakatan ormas gitu,” imbuhnya.

Baca Juga:
Meriah FKM Yogyakarta Deklarasi Dukung Capres NasDem, Rocky Gerung: Massa PPP 98 Persen Ke Anies

Diketahui deklarasi Forum Ka’bah Membangun dan Forum Ulama Membangun diselenggarakan pada Rabu (16/11/2022) dan dihadiri langsung oleh Anies Baswedan.