Bola  

VIDEO: Detik-detik VAR Anulir Gol Enner Valencia di Laga Perdana Piala Dunia 2022

Bola.net – Momen menarik terjadi pada laga perdana Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Ekuador di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022) malam WIB. Pada menit ke-3, wasit Daniele Orsato menganulir gol Enner Valencia usai melihat VAR.

Ekuador sempat melakukan selebrasi, bahkan bola sudah mampir ke titik tengah lapangan. Namun, VAR mengintervensi dan memutuskan bahwa gol dianulir karena offside.

Berdasarkan keputusan VAR, gol tersebut dianggap dianulir karena offside, tapi bukan untuk pergerakan Valencia sebagai pencetak gol atau Felix Torres sebagai pembuat assist. Melihat tayangan ulang, salah satu pemain Ekuador, Michael Estrada terlihat berada di posisi offside ketika bola pertama kali dilambungkan ke kotak penalti.

Menurut Rules of the Game FIFA, seorang pemain disebut offside jika berada di antara kiper dan pemain outfield terakhir saat bola umpan dilepas. Pemain juga terhitung offside jika berada di belakang kiper saat bola umpan dilepas.

Tayangan ulang menunjukkan bahwa posisi satu kaki Estrada berada di belakang kiper Qatar saat bola disundul rekannya. Memang offside tipis, tapi keputusan ini sudah benar.

Jangan lupa simak videonya ya Bolaneters!

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.