Massa PPP 98 Persen Ke Anies

Suara.com – Usai dideklarasikan sebagai bakal capres dari Partai NasDem, Anies Baswedan rutin bersafari ke sejumlah daerah. Usai dari Medan, kemudian Solo, kali ini ke Yogyakarta.

Di Yogyakarta sendiri, Anies disambut banyak warga dan pendukungnya.

Menurut pengamat politik, Rocky Gerung, apa yang dilihatnya dari safari Anies Baswedan di Yogyakarta hanya sebuah permulaan. Ia meyakini, peristiwa di Yogyakarta bahwa Anies benar-benar didukung rakyat, bukan partai.

“Peristiwa di Yogya itu tahap pertama dari deklarasi relawan yang memungkinan Anies percaya dia didukung oleh rakyat bukan oleh partai,” ujar Rocky Gerung melalui kanal Youtube Rocky Gerung Official yang juga bersama Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN) sebagaimana dilansir wartaekonomi.co.id (media partner Suara.com), Minggu (20/11/22).

Baca Juga:
Jokowi Disebut Pecat Anies dari Kabinet karena Jadi Idola Anak Muda Indonesia

Salah satu kelompok masyarakat di Yogyakarta yang menyatakan deklarasi dukungan ke Anies adalah Forum Ka’bah Membangun (FKM) yang diisi oleh para kader, simpatisan, serta senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Meski PPP sendiri membantah FKM adalah bagian dari mereka secara kelembagaan, mereka tak menampik ada juga kader dan senior yang menjadi inisiator gerakan tersebut.

Sebelumnya juga ada kelompok masyarakat yang menamkan diri Go-Anies yang berisikan suara kader Golkar yang menyatakan dukungan serupa.

Menurut Rocky, Anies harus menyadari bahwa dukungan yang besar bukanlah dari partai, tetapi dari kelompok masyarakat.

“Dukungan partai itu elektoral saja karena syarat 20 persen, tapi dukungan real ada dalam FKM yang akhirnya menemukan momentum di Yogya dan itu betul-betul tegas pesannya,” ujar Rocky.

Baca Juga:
Begini Kira-kira, Kalau Anies Nekat Diduetkan dengan AHY Buat Pilpres 2024

Diketahui, saat ini PPP berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PAN yang merupakan koalisi pemerintahan.

Menurut Rocky, FKM yang diisi oleh senior PPP sadar betul bahwa masa PPP akan cenderung memilih Anies Baswedan sehingga pilihan yang saat ini diambil kepengurusan PPP dianggap bertabrakan dengan keinginan masa PPP.

“Massa PPP itu sudah pasti 98 persen ke Anies,” ucap Rocky.

“Saya tahu ketokohan dari kalangan FKM ini, dan (mereka) sangat paham arah bangsa dan itu orang-orang yang kuat mentalnya bukan kayak PPP yang tiba-tiba disuruh ke kanan iya, ke kiri juga iya,” sambung dia.

Sebelumnya, FKM mendeklarasikan dukungan ke Anies Baswedan. Deklarasi ini dimotori oleh tokoh senior PPP Habil Marati dan Bambang Aris S serta sejumlah mantan Anggota DPR RI Fraksi PPP.