Anime  

[JOI Spotlight] Soup Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang akhirnya tiba di malam piala dunia. Selagi menunggu mari kita simak impresi staf Jurnal Otaku untuk seri yang hadir minggu ini.

Chainsaw Man 06

Kaptain

Kirain bakal dikebut sampe penyelesaian. Kerja bagus dari Mappa via sinematografi hotel yang disorienting. Secara keseluruhan nih arc Hotel dan flashback Himeno  emang buat nekanin manusia macam apa yang bakal bisa bertahan jadi Devil Hunter, Arai dan Kobeni ada buat jadi perwakilan kandidat yang ga menuhin standar. Jadi ya si kakak adik yang loving this shit malah jadi contoh idealnya. Aki sendiri ngaku kedua adiknya ini tuh tipe prajurit yang dibutuhkan buat ngelawan Gun Devil nanti.

Interesting stuff, Kobeni yang ga mampu dapet diploma ngaku kalau prospek buat dia tuh cuma 1. Prostitusi 2. Devil Hunter

CTian

This is cinema! Wow, MAPPA beneran bikin adaptasi ini bukan sebagai anime, tapi lebih ke film beneran! Keseluruhan sinematografinya dan original scene di adegan terakhir episode ini kino parah sih. Walau kayaknya banyak yang nggak suka sama pemikiran kreatif ini, menurut saya ini malah take terbaik untuk adaptasi Chainsaw Man. Saya merasa ini memang bukan buat pecinta anime pada umumnya sih, lebih ke penonton serial tv secara umum~

Saya lupa ngomongin soal akting dari seiyu tambahannya. Mariya Ise memang veteran parah, suara dia jadi Himeno langsung nempel ke kepala saya dan serasa memang selama ini saya dalam pikiran menyuarakan suara Himeno tuh kayak gitu. Takahashi Karin juga gemes dah, Kobeni ini karakter yang dikasih suara malah jadi makin “op” sih, saya nunggu kompilasi Kobeni’s noise di season 1 ini~ Oh ya Kobeni bakal punya momen badass kok di akhir season 1 ini, penasaran adaptasi adegannya segokil apa. Arai, oke lah, lanjutkan.

Ndak berasa yak dah masuk mid-season dan sejauh ini grafik kepuasan saya sama adaptasi ini naik terus sih. Mungkin sempet turun dikit di episode 5, tapi episode 6 ini beneran meroket parah sih. Akting, animasi, musik, dan directing-nya top tier sih, saya ndak ngerti lagi sama yang bilang MAPPA ancurin adaptasi anime ini. Saya pengen banget MAPPA lanjut bikin adaptasi anime buat karya-karya Tatsuki Fujimoto yang lain, Tatsuki Fujimoto is more than Chainsaw Man~

Fuufu Ijou, Koibito Miman 06

Kaczmarek

W episode. Ada progres di masing-masing jalur, jadinya ini gak ke dragback sama keluguan Shiori. Dari banyaknya momen, tentunya Akari menggunakan candaan dewasa untuk Jirou kala ngelonin dia sampe pagi.

BlueHeaven

Dilihat-lihat, makin hari, makin eroi ini calon bini orang. Shiori dapet pengalaman pertamanya, Akari juga menghabiskan satu malam dengan pakaian super minim. Yabe.

Shinmai Renkin 07

Kaczmarek

Sedikit dikasih konteks soal portal logistik itu, namun banyak hal yang bolong terutama material yang dibutuhin untuk ngaktifin itu portal lagi. Ngirim manusia dalam keadaan hidup masih menjadi risiko, karena bisa aja mati dan jadi pisang ijo. Dapet juga masa lalunya Sarasa pas dapetin itu kalung (atau sebutannya apa ya?). Ternyata selama ini Sarasa masih butuh itu untuk ngendaliin kekuatan sihirnya sendiri.

Shinobi no Ittoki 07

Kaczmarek

Paruh pertama yang meh dari musim ini. Namun di episode 7, kita udah mulai dapet pergerakan Koga di dalam organisasi tertinggi, termasuk nyaplok desa-desa kecil untuk diserap sebagai aset mereka. Politik yang reguler di real life juga, namun dalam situasi ini bakal menentukan hidup dan mati.

Ibunya Ittoki juga sudah dipastiin bakal kena hukuman mati, sementara Ittoki sendiri sudah mulai mendapatkan titel pemimpin klan Iga. Masih ada Kirei sebagai spy disini, dan kemungkinan besar ke-reveal di episode berikutnya kepada Ittoki. Hayato sadly stabbed at the back, masih bisa hidup atau engga? Nah semoga engga, biar konflik ini makin keruh.

Ren’ai Flops 07

Kaczmarek

NOOOOOOOOO!!!! Plot-nya kenapa Mahou Shoujo Karin?!?!? Huh, anyway, ini secara gak langsung jadi episode penuh advetorial daripada fanservice. Kalo kalian nyadar, ini episode penuh material seks dan terfokus pada kondom. Dick destroyer device yang ada juga berkaitan sama salah satu seri jadul yang gak bisa saya sebut. Clue berikutnya nongol: perempuan berkacamata yang gue kira ini adalah ibunya si Asahi.

Sebenernya pengen liat komentarnya si Marika Kouno saat meranin Karin, tapi dia lagi hiatus dan terakhir update bulan lalu. Penasaran reaksi macem apa yang dia kasih ke seri ini.

Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute 07

Kaczmarek

Cid is dying! I’m sorry guys but this is the end of his story. I mean i hope so, but nah. Ini jadi sandiwara berikutnya. Akhirnya bisa kenal Sherry lebih dalem dari sebelumnya dan ini mengukuhkan bendera kematian lebih tinggi untuk ayahnya. Nah, Cid gak akan capek-capek menyelamatkan bapaknya kan?

BlueHeaven

Kopi itu harus pakai gula. Minuman yang ga pake gula itu hanyalah air putih. Yang ga setuju sini kita duel!

Futoku no Guild 07

Kaczmarek

Toshihiko artinya racun? Benar, karena ngambil dari Toxico. Namun ternyata dia juga memiliki kekuatan penyembuh atau penawar racun. Entah kenapa dia harus setengah telanjang untuk ngasih penawar ke Kikkuru. Padahal kan bisa jilat langsung bagian lukanya, atau netesin air liurnya langsung ke mulutnya, TANPA HARUS BUKA BAJU. Also, bad omen dengan tipikal kancing lepas ini udah diprediksi tentunya. Tolong progres Enome x Kikkuru di manga-nya dipercepat dan bisa ngeliat ini bersama secara LEGAL.

Kancolle Itsuka Ano Umi de 03

Kaczmarek

Aviation battleship, literally. Paruh pertama di episode ini berasa lebih kaku dari biasanya mungkin karena meminimalisir banyaknya adegan. Namun di paruh kedua justru malah kayak movie daripada serial televisi. Beberapa hal yang digambarkan secara jelas di game juga diperlihatkan secara langsung di episode ini, terutama soal abyssal Fusou/Yamashiro yang gedenya hampir sama kayak monster yang di-summon Momonga di Overlord Season 3.

Akhirnya Noshiro dan Yahagi debut di anime, sementara Ashigara ngebales apa yang dirasain Mutsuki di movie (walau dua adaptasi ini gak canon). Sempet ada bincang-bincang di Twitter kalau beberapa staf Kancolle (2014) ini ngikut proyek yang 2022, tapi di credit scene gak ada. Entah di episode berikutnya atau gimana baru ngikut progres proyeknya.

BlueHeaven

WAIFU GW! TONE TAMPIL SEDETIK UHUY! MASA BODOH SHIGURE BOTAK, TARUNG GA LOGIS, YANG PENTING BISA LIHAT BOKONG TONE! UYESH!

Arknights Prelude to Dawn 04

Kaczmarek

Gak ngira Yato dapet line bersuara di anime-nya. Setelah denger Yamashiro dan Fusou di Kancolle, pindah nonton ini Saki Fujita dapet porsi juga berasa jadi easter egg. Balik lagi ke cerita, akhirnya Misha secara jelas muncul, begitu juga sama Franka dan Liskarm bagi mereka yang cukup tergila-gila sama duo Blacksteel ini.

Kal’tsit diperpendek dialognya dari game-nya, tentunya ini intentional, apalagi kalo dipake semua, episode ini bisa sampe dua jam. Tak lupa juga sama Ch’en, yang tampak lebih cakep dengan rambut pigtailnya. Not to mention on Wei.

BlueHeaven

Kal’tsit. Nice sarcasm.

Spy X Family 20

Kaptain

Yep. Nyampe nih Arc Tenis buat penutup musim. Jujur aja ini secara efektif nih cour cuma punya dua arc gede aja dan sisa waktu tayang jadinya buat formalitas biar bisa adaptasi sisa material. Then again ya kali ini bagian kunjungan tempat kerja paling nggak merupakan cerita stand alone yang mendingan, ngeliat bisa ngegabungin kebandelan Anya & aktivitas intel Loid + bonus profesi Yor di awal.

Akiba Maid Sensou 07

Kaptain

Masih soal komentar saya tentang idol kafe, bener juga ya nih setting ga bisa pake bahasa halus buat kepergian talenta. Maid yang mati via konflik udah jadi realita buat peminat. Bagus deh dugaan saya salah soal Nagomi. Nyatanya ya dia dapet development yang berarti baik secara emosional dan via skill ninja dia. Begitu juga target jangka panjang bisar tragedi bisa ga keulang.

Speaking of which, ini pada akhirnya ya Manami ada cuma buat jadi perwakilan akhir sebuah era. Somewhat ngecewain ngeliat performa para maid veteran yang lain. Tapi ya emang perlu ditunjukin kalau jalan maid dia udah ga efektif lagi di era baru.

BlueHeaven

Sesuai dengan tulisan saya minggu kemarin, plot ini mengarah ke development dari Nagomi. Yang salah duga adalah Nagomi ternyata masih naif dan ga berani kill orang. Nagomi jadi ninja itu sesuatu yang ga bakal bisa diprediksi kalau kita nonton maid akiba yang kerjanya macam gangster.

Big no buat Manami yang mati gitu aja. Ya kali, karakter baru yang nongol dan bikin rusak suasana untuk maksa plot jalan ke arah development Nagomi langsung dihabisi di episode berikutnya. Padahal spek Manami harusnya masih op. Asli dah, semua jalannya pertarungan di episode ini berasa stupid.

Sudah tradisi sih, tiap episode kayaknya mesti ada yang mati. Dengan begini saya makin pesimis Yumecchi dapat spotlight. Panda agak dikasih lihat perannya. Semoga aja ga jadi deus ex machina di bagian klimaks. Tirai terbuka untuk last act, final boss adalah kedamono grup itu sendiri.

Tensei Shitara Ken Deshita 08

BlueHeaven

Judul episode ini didekasikan untuk pertarungan lawan blue cat, tapi itu pertarungan terlalu cepat untuk menjadi inti dari sebuah episode. Malahan penampakan Amanda yang lebih menarik perhatian. Jeleknya episode ini ngasih gambaran ke depannya kalau Amanda bakal lawan Fran. Harusnya itu jangan dikasih lihat karena justru malah bikin penonton bingung, bukannya penasaran.

Bocchi The Rock 07

BlueHeaven

Lagi-lagi Bocchi The Rock datang dengan episode yang tidak mengecewakan. Coba kita tarik nafas sejenak. Mana ada orang nyambut teman yang dateng ke rumah pake spanduk gede digantung di depan rumah. Paripi Bocchi emang gokil sih. Ortu Bocchi nurunin overthinkingnya ke anaknya. Bisa-bisanya loh nanya ke Nijika kalau dia itu teman rentalan.

Episode kali ini lebih dark dan horror dari sebelumnya. Kalau sebelumnya hanya di bayangan masa depan Bocchi, sekarang efeknya udah nyebar sampai jadi virus ke dua ekstrovert terdekatnya. Untungnya anak orang bisa ketolong dari senjata psikologis penghancur batin. Ortunya udah kebal karena antibodinya kebentuk seiring ngebesarin Bocchi.

Utawarerumono Futari no Hakuoro 22

Kaczmarek

Woshis sudah dapet kuncinya, jadi ini jadi skenario terburuk bagi Mikado dan Oshutoru. Namun apa yang terjadi justru lebih mengarah ke pengungkapan bahwa dia bukan anaknya Mikado secara biologis. Anju, yang tak tersebut juga harusnya menyadari informasi terkait masa lalunya disini. Namun tidak diberikan konteks lebih di dalam episode ini.

Cutting di episode ini entah kenapa terlalu cepat dari yang diinginkan. Perpindahan dari frame ke frame saat Woshis cabut ke Yamato via Gate ini berasa ngelompatin banyak plot.

Beast Tamer 08

Kaczmarek

Episode mandi. Luna dan Sora juga tengah beradaptasi ke ekosistem manusia. Luna ini juga kudu dijagain terus atau gak dia udah ngebocorin kedok dia jadi manusia. Dengan nambahnya mereka berdua, Rein udah harus tidur di lantai. Coba kita tunggu sampe kapan empat perempuan itu ngasih kesempatan Rein tidur beneran di kasur. Don’t care about the plot, as long these five keep going on their life.

BlueHeaven

Bruh, the censorship just waw. Mending zoom dikit pas lagi mandi ke arah sebagian tetek, daripada sorot seluruh tubuh tapi sensor cahaya dewa penuh dua per tiga dari layar. Akhirnya Runa dan Sora resmi diperkenalkan kepada publik sebagai istri di masa depan.

Die Neue These 44

Kaptain

He said the thing *Dicaprio nunjuk*. Satu episode yang didedikasiin buat ngasih tahu penonton kalau Julian itu protagonis selanjutnya. Bagus sih buat overview  soal para eksekutif Iserlohn dan kondisi mereka saat ini.

Blue Lock 07

BlueHeaven

Satu episode ini full didedikasikan kepada Chigiri. Bahkan Ego yang kemarin terlihat nonton bareng Anri hilang sepenuhnya. Ga komennya dari makhluk psikopat sana. Kuon El Toro Meguayer masih belum tobat dari maksiat khianatnya. Masih aja sempat-sempatnya busted nawarin diri ke tim lawan yang sudah pasti lolos. Sampah emang si bajingan satu itu.

Witch from Mercury 07

Kaptain

Ada yang kaget para eksekutif bisa enteng ngaku kalau mereka bikin Gundam? Episode Miomio bisa ketemuan sama mertua dan sebagai seseorang yang kepribadian utamanya itu “muak dengan manipulasi orang tua”, bisa aja dia ga sadar lagi dijebak Prospera buat ngelakuin IPO. Sekarang dia yang megang tanggung jawab nih tech, dan ini secara efektif dah jadi Carte Blanche buat korporat lain bikin Gundam.

Opening berubah juga, sekarang ada Lfrith Ur sama Thorn di belakang Deling. Insiden 21 tahun lalu sekali lagi diucapkan jadi ya emang penonton diharap nangkep soal misteri identitas Aerial dan Suletta. Baru ngeh juga itu salah satu eksekutif Peil Tech diperanin Reccoa.

Romantic Killer 6-12 (END)

CTian

Adaptasi anime terbaik tahun 2022! Bahkan lebih bagus dari adaptasi Chainsaw Man menurut saya! (Chainsaw Man itu best TV series 2022. Keseluruhan TV series yak bukan anime saja.) Jujur saja saya orangnya memang suka sell out banget buat seri original streaming site gede, tapi buat seri ini saya beneran nggak try hard buat jual seri ini, karena ya memang sebagus itu adaptasi anime ini!

Kita lihat pakai data dulu deh, di MyAnimeList (iya bodo, saya masih pakai MAL~) orang lebih suka sama adaptasi animenya dibanding manganya. Manganya itu dapat skor 6 sekian, adaptasinya malah bisa dapat skor 8 sekian, dan 8 itu sudah termasuk kategori “anime lebih dari bagus” sih kalau lihat mayoritas data anime di MAL. Ini adaptasi Netflix lho, adaptasi yang paling tidak disukai dan sering dikutuk banyak orang.

Dengan data itu saja saya dah bisa bilang ini salah satu adaptasi anime terbaik yang pernah dibuat. Saya belum baca manganya secara penuh, tapi kayaknya adaptasi ini memang berhasil merealisasikan potensi terbesar dari seri ini. Episode 1 dan bab yang dijadikan bahan adaptasi saja sudah beda banget directing-nya dan saya lebih puas sama directing di animenya memang. Lebih berisi, lebih pecah, lebih hidup banget adaptasinya.

Oh ya, manga edisi bahasa Inggrisnya sudah diterbitkan oleh penerbit VIZ, baru jilid 1 yang rilis bulan Oktober lalu. Bisa dibaca juga secara gratis di MANGA Plus, baru rilis hingga bab 2, dan rilisnya biweekly, kayaknya memang sengaja dilamain karena memang ikutin hasil pekerjaan VIZ. Cuman 4 jilid sih, saya masih mikir tapi buat ambil ini atau nggak, sudah puas banget sama adaptasinya dan takut kecewa kalau kualitas original source-nya malah di bawah animenya.

Lanjut bahas isinya, ceritanya tuh sebenarnya ya cuman otome game dijadiin anime, tapi ada twist heroine-nya itu ogah untuk jalanin rute otome game ini sama sekali walau dah dipaksa. Hal yang paling tepat untuk gambarin premis terbesar seri ini tuh yak “mission successful failure”, karena pada akhirnya para cowok malah kesengsem sama heroine yang bukan heroine material ini. Bener deh, lucuuuu, asli ceritanya lucu banget, natural gitu lho nggak berasa dipaksain.

Ceritanya juga bukan sembarang cerita romcom, things getting serious in season climax. Saya nggak sangka setelah 6 episode dibuat senyam-senyum sendiri, terus 6 episode sisanya bisa dibuat tegang, gregetan, dan terharu sama ceritanya. Dramanya intens banget, real, dan gimana seri ini bisa bikin penyelesain yang begitu well written banget tuh lovely sekali. Ini ironisnya salah satu romcom terbaik (kayaknya terbaik sih) yang pernah saya tonton, tapi ceritanya sendiri tuh sebenarnya anti-romance, lol~

Walau saya rasa ending-nya ini rushed banget, jadi episode terakhir tuh beneran ditumpuk sama semua penyelesain cerita yang ada di seri ini. Kayaknya karena sumber ceritanya cuman 4 jilid sih (kurang tahu dikapak atau gimana) dan ini katanya udah full adaptation. Lho??? Tapi kok kalian nge-tease gitu sih di bagian akhirnya? Saya kan jadi berharap more story dari seri ini! Saya nggak mungkin ndak berharap buat sekuel atau sejenisnya sih setelah nonton ini.

Protagonisnya astaga, mak, anakmu jatuh cinta lagi sama karakter 2 dimensi! Best heroine dengan trait non-heroine yang pernah diciptakan! Anzu Hoshino adalah alpha female, she is the one, she is the best girl! Anzu ini adalah karakter manga untuk pasar shonen berkedok parodi shojo terbaik yang bisa kamu dapatkan. Saya nggak janji, tapi saya pengen banget bikin Waifu Wednesday buat Anzu Hoshino ini biar bisa jelasin juga kenapa dia adalah best heroine dengan trait non-heroine yang pernah diciptakan! Semoga suatu saat bisa kesampaian deh. Untuk saat ini tonton saja dulu yak kalau penasaran xixixi!

Karakter yang lain juga menarik banget, semua ditulis dengan baik. Karakter yang paling suka dari karakter non protagonis yang saya suka itu Riri sama Kazuki, yang satu pengen saya tendang dan peluk, yang satu lagi peluk saja jangan ditendang. Kazuki ini beneran buang stigma kalau cowok itu harus kuat sendiri. Saya nggak bilang Kazuki ini lembek banget, malah saya bilang dia itu kuat, inget nggak semua harus dilakukan sendiri, lebih baik melampiaskan daripada mengakhiri dengan artian buruk. Riri Saya masih bingung sebenarnya gimana ngeliat dia, tapi yang pasti saya mau banget jadi sahabat makhluk satu ini, best winger + best friends!

It’s an absolute 10/10 for me! Akting, penceritaan, karakter, animasi, sampai musiknya tuh on point! Sangat-sangat enjoyable, saya lupa kapan terakhir saya se-enjoy ini nonton anime terus sampai kepikiran gitu selesai nonton. Ayok ditonton, kamu tidak akan menyesal asli, tontonnya di Netflix yak, hanya di Netflix! Saya ada rencana mau nonton lagi, tapi full pakai dubbing Indonesia. Lah iyak, ada dubbing Indonesia lho, lumayan banget lagi kualitasnya!

Mob Psycho 100 III 07

BlueHeaven

Babak baru dari kisah Mob dan kehidupan sekolahnya. Mob lebih menikmati hari-harinya sebagai esper sekaligus pelajar biasa. Bisa ngobrol sama alien impian yang aneh. Tapi tunggu dulu. Ekubo kan ngirim brokoli ke angkasa. Jangan-jangan…

Ichinose Family Deadly Sins 01

CTian

Serialisasi baru sekaligus serialisasi pertama dari Taizan 5 di majalah utama Shonen Jump! Buat yang belum tahu siapa itu Taizan 5, dia itu rookie yang lagi naik daun banget dengan seri pendek sensasionalnya, Takopi’s Original Sins. Oh tentu saja Shueisha mau milk– eh maksudnya naikin lagi nama Taizan 5 ini sebagai mangaka generasi baru mereka.

Pertama ini saya yang mau sampaikan, jujur kecewa banget serialisasi baru ini rilisnya di majalah Shonen Jump bukan serialisasi digital lagi di Jump+. Sebenarnya yang paling mengganggu saya ini hanya soal spoiler bocoran sebelum tanggal resmi, tapi itulah paling krusial sebenarnya. Karya Taizan 5 ini terkenal dengan twist mengejutkan dan betapa hebatnya kesan yang ditinggalkan. Kesal saja suatu saat bakal ada kubu yang baca leak duluan terus hype, dan ada yang nungguin rilis resmi, selebrasinya jadi terpisah gitu. Juga, belum tentu yang baca leak itu bakal baca lagi yang resmi padahal sama-sama gratis, hal sekecil itu juga ngaruh lho ke performa serialisasi.

Sama satu lagi, orang-orang itu kebanyak lihat Shonen Jump ya pasti seri kayak Naruto dan sejenisnya. Seri shonen action yang sukanya teriak-teriak jurusnya biar makin kuat dan cita-citanya atau big goals-nya kalau nggak jadi raja ya jadi kades. Ini baru saja rilis bab 1 ada lho yang minta kapak-kapak,  ̶b̶o̶y,̶ ̶t̶h̶i̶s̶ ̶m̶a̶n̶g̶a̶k̶a̶ ̶w̶i̶l̶l̶ ̶m̶a̶d̶e̶ ̶m̶o̶r̶e̶ ̶m̶o̶n̶e̶y̶ ̶t̶h̶a̶n̶ ̶B̶l̶a̶c̶k̶ ̶C̶l̶o̶v̶e̶r̶ padahal saya yakin mereka belum kenal siapa dia ini. He is the future, saya yakin kalau performa dia baik terus, tidak terlena dengan popularitas, dia bakal jadi icon mangaka juga.

Tapi ya mau gimana lagi, yang harusnya digital sudah menjadi dicetak duluan menjadi kertas~ Saya sih bakal dukung terus serialisasi ini, Takopi’s Original Sin beneran berkesan banget buat saya pribadi. Oh ya ngomongin Takopi, manga Takopi’s Original Sin bakal rilis di Indonesia oleh penerbit m&c!. Jilid 1 direncanakan rilis Desember 2022 dan jilid 2 menyusul di tahun 2023. Desain sampulnya bisa dilihat di sini yak. (follow ya geis kalau boleh, makasih, hehe~)

Mari kita masuk ke bab debutnya. Wow, what a debut, Taizan 5 langsung tancap gas di bab pertama ini. Khas Taizan 5 banget deh, gambarnya yang fuwa-fuwa dan heartfull di awal terus jadi hurtfull dengan twist dark-nya yang nggak nanggung. Spread page sebelum masuk twist dan semua spread page di bagian setelah twist gila banget. Kalau kualitas art-nya bakal gini terus setiap minggunya, ini sih bisa-bisanya bisa gusur Dandadan di tahta manga minggu terbaik menurut saya. Apalagi ini di majalah Shonen Jump, lebih padat jadwalnya daripada jadwal Jump+.

Sebenarnya ini nggak jauh-jauh tema besarnya dari serialisasi sebelumnya, Takopi’s Original Sin. Setelah ini saya bakal nulis spoiler Takopi’s Original Sin, jadi skip ke paragraf selanjutnya kalau nggak mau kena spoiler. Ada dua kunci di sini, “sin” yaitu dosa, dan “amnesia” yang kalau di Takopi sebenarnya jadi twist terbesar seri itu. Keduanya ada juga di serialisasi ini, tapi ini sins yak yang berarti dosa yang bukan dari satu orang saja, tapi semua anggota keluarga Ichinose.

Saya nggak sabar gimana mereka bakal ungkap satu-satu dosa mereka dan penasaran sama twist terbesar seri ini. Juga sangat menanti panel-panel kino dari kreativitas Taizan 5. Walau saya sendiri dan banyak orang kayaknya sudah bisa menebak salah satu twist dari seri ini. Tentang anggota keluarga ke-7, yang di mana akhirnya seri ini bakal jadi full reference ke 7 dosa maut.

Soal performa di Jepang sendiri, ini salah satu debutan Shonen Jump terbaik, bahkan mungkin debutan terbaik di tahun 2022. Ada dua hal yang bikin ini jadi debutan terbaik. Pertama, manga ini jadi seri Shonen Jump dengan angka debut viewers di Jump+ terbanyak, yaitu lebih dari 1 juta views dalam waktu 1 hari, mengalahkan RuriDragon dengan angka lebih dari 645 ribu views. Kedua, ini agak bias sih, baru rilis bab 1, tapi manga ini sudah direkomendasikan oleh Tatsuki Fujimoto,  ̶m̶a̶n̶g̶a̶k̶a̶ ̶t̶e̶r̶b̶a̶i̶k̶ ̶S̶h̶u̶e̶i̶s̶h̶a̶ ̶s̶a̶a̶t̶ ̶i̶n̶i̶ mangaka dari Chainsaw Man! Terakhir dia rekomendasi manga baru Shonen Jump itu High School Family, manga komedi absurd yang bisa-bisanya masih survive di sana. Seingat saya dia tidak pernah rekomendasi Ayashimon, hanya merayakan debutnya karena merupakan karya mantan asistennya sekaligus sahabat karibnya.

Saya yakin ini bakal jadi next big hit dari Shonen Jump, hanya dari lihat prestasi debutnya ini. Asal mangakanya sehat-sehat saja dan tetap mampu menghadapi jadwal Shonen Jump, pasti bisa. Serialisasi ini bisa dibaca secara resmi di aplikasi dan situs MANGA Plus, gratis bro, gratis! Dengan membaca di sana juga secara langsung bisa mendukung serialisasi ini. Iya langsung, datanya kan langsung ke Shueisha.

Dandadan 82

CTian

Kayaknya baru 2 bab lalu saya bilang “RIP Okarun, kasian bocah ini meninggal dengan 1 “bola emasnya” masih menghilang…” lah sekarang satu yang udah didapetin diambil lagi, Yukinobu Tatsu!!! Ini mangaka senang banget yak sama bercandaan “ayo mencuri bola emas”. Caranya diambilnya juga begitu lagi, hadeh di luar nalar tidak manuk akal sekali memang.

Akhirnya gelut Okarun dan Alien dimulai, gacor banget euy spread page-nya. Baru buka halaman kedua Yukinobu Tatsu langsung flexing jadwal serialisasi di Jump+-nya yang memungkinkan dia buat artwork kayak gitu. Ndak cuman itu doang lho, paneling adegan gelutnya gokil banget. Saya bantu doa yang terbaik deh buat siapapun studio yang bakal adaptasi ini jadi anime, bakal kerja keras sih ini.

Buat cerita nggak banyak kemajuan di sini, karena memang satu bab ini full action kino dari Yukinobu Tatsu. Satu yang pasti, Alien ini takjub sama kekuatan goib dan manusia, mereka heran manusia dengan kekuatan goib bisa sehebat ini di medan yang menurut mereka berat. Di planet mereka mungkin Alien lebih unggul, tapi bayangin bakal segokil apa juga manusia goib ini kalau main di planet mereka yang ringan itu. Berdoa Yukinobu Tatsu bakal bikin arc khusus di planet lain, amin.

Ending-nya, bapak Chiquitita come to the rescue! Kan benar pasti ada yang bantuin Okarun. Saya lupa mulu sama namanya karena itu juga nama terjemahan sih, jadi saya pakai nama anaknya saja yak, lol~ Saya pikir dia bisa mode Alien Baltan gitu karena dikasih sesuatu sama Serpoian, ternyata bisa berubah sendiri? Wah ini sih nggak sabar lihat Alien vs Alien bakal kayak apa. Berharap Chiquitita muncul gitu dengan UFO-nya yang sudah dimodifikasi gitu, Chiquitita itu kelihatannya pintar sih.

Chainsaw Man 111

CTian

Angka babnya cantik, saya suka saya suka! Ceritanya juga indah banget, puitis ala-ala absurdnya Tatsuki Fujimoto. Sesuai prediksi saya kemarin, bab ini fokus ke ngobrolnya Yuko sama Asa saja. Sebenarnya agak kaget juga sih Yoru bisa-bisanya beneran masih tidur, lol~ Tapi Yuko ini memang sudah masuk development akhirnya, ya jadi sudah saatnya ya, Fujimoto.

Saya suka callback adegan pinjamin sepatunya, terus Yuko merasa geli gitu “gw beneran pernah ngomong kayak gitu yak?”, bingung mau nangis atau ketawa di bagian ini. Pada akhirnya penyesalan terjadi lagi, Chainsaw Man part 2 ini beneran recall kejadian-kejadian di part 1 tapi dari perspektif antagonisnya sih. Yuko is good friend, but it’s really hard to be good.

Adegan terakhirnya, TATSUKI FUJIMOTO! Ini Fujimoto beneran mensugesti kehidupannya sendiri yak. Iyak, karena Ini sebenarnya bisa dilihat dari kasus Twitter Tatsuki Fujimoto kemarin, akunnya ilang, bikin akun kedua, terus ngotot kalau dia beneran Tatsuki Fujimoto yang asli. Pasti ke depannya bakal ada adegan di mana Denji teriak dan bilang kalau dia itu Chainsaw Man yang asli saat berhadapan dengan impostor ini.

Saya yakin ini makhluk tiruan Chainsaw Man, bukan Denji, ya kan dikasih lihat juga Denji masih molor di panel setelah bunyi Chainsaw dinyalain. Ada kepala Nayuta juga di situ, aahhh kapan debutnya sih ini bocil kematian. Lucu juga banyak yang bikin analisis kalau itu kepala bisa saja Yoshida atau Reze~ Anjing bekasnya Makima juga dikasih lihat lagi, gemes. Mungkin kasus ini juga yang bakal jadi salah satu motivasi Asa yang akhirnya setuju ke pihak Yoru untuk jadi antagonisnya Chainsaw Man.

Panel of the week? Tentunya panel halaman terakhir lah, that panel it’s literally fire from a superhero comics~

NIKKE

CTian

Jadi gimana event co-op-nya? Sudah dibuat disconnect berapa kali? Rusak banget ini gim baru, lol~ Saya jujur senang banget sama event ini, karena akhirnya saya bisa main lagi secara real time bareng teman-teman SMA saya. Lawannya si kereta pula, seru banget pokoknya. Itu saja sih hehe, NIKKE gim bagus kalau bisa bikin saya main bareng terus sama temen (dan bagusin gacha saya). Terus mau nabur garam dikit, sudah berhasil namatin banner Helm (full limit break) dengan 94 pull dan 0 Rupiah, xixixi~

Sekian JOI Spotlight minggu ini. Jangan lupa untuk update lainnya bisa kalian dapat di Discord JOI.

Header: MoB_Hwan

The post [JOI Spotlight] Soup Edition appeared first on Jurnal Otaku Indonesia.