Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Kondangan ke Jerman, Perlu Bawa Amplop Gak?

Suara.com – Setiap negara memiliki tradisi dan budayanya masing-masing, termasuk dalam urusan pesta pernikahan. Tradisi pernikahan di setiap daerah bisa jadi berbeda satu sama lain sehingga ada hal yang perlu Anda ketahui sebelum datang.

Salah satu negara dengan pesta pernikahan yang cukup berbeda dengan di Indonesia adalah Jerman. Akun TikTok @anditahp berbagi video tentang hal yang perlu diketahui sebelum datang ke kondangan di Jerman.

Awalnya, ia menjelaskan bahwa pesta pernikahan di Jerman biasanya hanya mengundang sedikit tamu yakni sekitar 10 sampai 30 orang saja. Biasanya, mereka hanya mengundang keluarga dan kerabat dekat saja.

Jika diselenggarakan di luar kota, umumnya para tamu akan mendapatkan akomodasi berupa hotel. Bahkan ada pula yang memberikan tiket pesawat untuk tamu.

Baca Juga:
Dilarang Bawa Pacar, Pria Ini Tak Sudi Datang ke Acara Pernikahan Saudarinya Sendiri

Selanjutnya, pengantin juga memberikan dress code untuk para tamu. Wanita ini bercerita saat datang ke pernikahan temannya ia harus memakai pakaian tradisional Jerman.

Selanjutnya, pilihan makanan yang disediakan terkadang terbatas terutama yang halal. Meski demikian, ada pula acara pernikahan di mana para tamu bisa memilih makanan apa yang diinginkan satu minggu sebelum hari H.

Kemudian para tamu juga akan diberikan sesuatu yang khusus dari pengantin. Para tamu juga terkadang diwajibkan untuk memberi konfirmasi kehadiran.

Konfirmasi itu diperlukan untuk menentukan jumlah meja serta kamar hotel untuk direservasi.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

Baca Juga:
Bridezilla! 8 Tanda Anda Terlalu Stres saat Menyiapkan Acara Pernikahan

“Cocok untuk aku yang nggak suka keramaian,” komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. “Seandainya di Indonesia bisa gitu, bakal irit,” ujar warganet ini.

Sementara itu, hingga Minggu (20/11/2022), unggahan ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 1 juta kali di TikTok.