BI Luncurkan Laporan Nusantara Oktober 2022

Laporan Nusantara merupakan publikasi kuartalan yang diterbitkan sejak 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Momentum pemulihan ekonomi kewilayahan akan menopang berlanjutnya pemulihan ekonomi di tengah berbagai tantangan global dan domestik. Semangat untuk memperkuat sinergi dan inovasi kebijakan baik di tataran makro maupun spasial merupakan kunci terjaganya stabilitas dan akselerasi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.


Hal tersebut sejalan dengan butir kesepakatan dalam G20 Bali Leaders’ Declaration. Terkait perlunya menjaga stabilitas makroekonomi dan keuangan serta komitmen untuk mengimplementasikan kebijakan yang dikalibrasi, direncanakan dan dikomunikasikan dengan baik untuk mendukung pemulihan ekonomi.


Demikian mengemuka pada acara Diseminasi Laporan Nusantara dan Peluncuran Buku Manufaktur serta Buku Pariwisata yang diselenggarakan Jumat (18/11/2022). Pada kesempatan tersebut, Deputi Gubernur, Dody Budi Waluyo menekankan tiga esensi substansi dari Laporan Nusantara.


Pertama, pemulihan ekonomi domestik yang terus berlangsung turut didukung oleh perbaikan kondisi makroekonomi secara spasial. Kedua, Bank Indonesia mendukung perbaikan struktur ekonomi untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan.


Ketiga, laporan dan buku-buku tersebut merupakan wujud komitmen Bank Indonesia untuk memperkuat kontribusi terhadap perekonomian nasional. Laporan Nusantara merupakan publikasi kuartalan yang diterbitkan sejak 2016.


Laporan ini memuat pandangan Bank Indonesia terhadap dinamika perekonomian dalam perspektif spasial. Jika saat ini laporan dapat diakses dalam format PDF melalui website Bank Indonesia, ke depan Laporan Nusantara akan hadir dalam aplikasi yang dapat digunakan baik di sistem Android maupun iOS untuk memperkuat awareness dan mendukung perumusan kebijakan spasial yang lebih optimal.


Buku Manufaktur memuat pemikiran mengenai upaya penguatan struktur perekonomian Indonesia melalui transformasi industri manufaktur dalam negeri, tetap selaras dengan komitmen global untuk bertransisi menuju ekonomi hijau, serta didukung langkah sinergis penguatan koordinasi antara Pemerintah, Bank Indonesia, dan stakeholders terkait lainnya.


Buku Pariwisata merupakan sebuah catatan dinamika pariwisata nasional dan regional serta upaya yang ditempuh dalam melalui pandemi Covid-19. Buku ini juga mengurai pemikiran untuk mempersiapkan dan memperkuat pemulihan pariwisata nasional di tengah berkembangnya berbagai tren baru pariwisata sebagai wujud dukungan Bank Indonesia dalam pemulihan pariwisata nasional melalui Sekber Pariwisata.