Qatar Terapkan Aturan Dress Code Bagi Penonton Piala Dunia, Wanita Berpakaian Tak Pantas Akan Dipenjara

Suara.com – Gelaran Piala Dunia 2022 bisa jadi bakal paling berbeda dari ajang empat tahunan di tempat lain sebelumnya. Para penonton salah satu ajang olahraga terbesar sejagat ini tak bakal bisa bebas mengenakan baju seenaknya.

Melansir laman The Islamic Information, Minggu (20/11/2022), salah satu aturan di Piala Dunia Qatar adalah dress code bagi para penonton yang harus dipatuhi saat menyaksikan tim kesayangannya bertanding.

Sebagai negara yang memiliki ajaran terkait pakaian sendiri, pemerintah Qatar mengeluarkan beberapa aturan dress code yang sesuai dengan latar belakang budaya negara tersebut yang harus dipatuhi para pengunjung yang hendak menyaksikan gelaran Piala Dunia 2022.

Berdasarkan informasi yang tertera di situs resmi Piala Dunia, meski Qatar tidak mewajibkan pengunjung wanita untuk mengenakan abaya baju jubah hitam panjang atau hijab, namun pengunjung perempuan diharapkan mengenakan pakaian yang tidak terlalu terbuka.

Baca Juga:
Masya Allah Suara Adzan Menggema di Latihan Timnas Inggris Piala Dunia 2022 Qatar

Wanita yang hendak menyaksikan Piala Dunia Qatar harus menutupi lengan, bahu demi menunjukkan rasa hormat terhadap budaya setempat.

Hal itu juga ditegaskan melalui situs web FIFA dengan mengingatkan penonton bahwa mereka bebas mengenakan apa pun yang mereka inginkan, tetapi tetap harus mematuhi batasan ketat Qatar.

Hal itu sesuai dengan Pasal 57 Konstitusi Qatar, yang menyatakan bahwa mereka yang memasuki negara tersebut harus mematuhi tradisi dan adat istiadat nasional. Mereka yang tidak mematuhi aturan berpakaian yang diberlakukan oleh pemerintah Qatar dapat menghadapi beberapa bentuk hukuman, termasuk penjara.

Demi menegakkan aturan selama gelaran Piala Dunia, Qatar bahkan sampai memasang 15.000 kamera dengan teknologi pengenalan wajah untuk memantau seluruh pengunjung sepanjang acara Piala Dunia berlangsung.

Bukti dari rekaman kamera nantinya akan membantu otoritas hukum setempat dalam penyelidikan pasca-acara.

Baca Juga:
Qatar Bisa Kalahkan Ekuador di Laga Perdana Piala Dunia 2022, 3 Alasan Ini Bisa Jadi Benar

Pemerintah Qatar menerapkan aturan ketat ini, salah satunya dimaksudkan untuk melestarikan budaya Qatar dan mencegah anak-anak terpapar budaya asing.

Diketahui, gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar akan dimulai dalam hitungan beberapa jam ke depan. Pertandingan pertama mempertemukan tuan rumah Qatar vs Ekuador pada Minggu malam nanti pukul 23.00 WIB atau usai acara pembukaan.