Cara Wudhu yang Benar Lengkap dengan Bacaan Niat dan Doa Sesudahnya

Suara.com – Setiap orang yang akan menjalankan sholat harus bersih dari hadas kecil maupun hadas besar. Jika untuk menyucikan hadas besar dilakukan dengan mandi besar, untuk mensucikan hadas kecil dilakukan dengan cara berwudhu. Lantas, bagaimana tata cara berwudhu yang benar? Berikut ini ulasannya.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim mengenai suci hadas sebelum beribadah shalat itu wajib. Adapun bunyi hadistnya yakni sebagai berikut.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, ‘Allah tidaklah menerima shalat salah seorang di antara kalian ketika ia berhadas sampai ia berwudu.’ Ahdatsaberarti muncul hadas yaitu sesuatu yang keluar dari salah satu dari dua jalan atau pembatal wudhu lainnya.” 

Dalam ajaran Islam, tata cara berwudhu yang benar itu harus sesuai dengan urutan mulai dari niat, doa wudhu, hingga doa sesudah wudhu. Untuk lebih lengkapnya,  berikut ini ulasannya. 

Tata Cara Wudhu yang Benar

Sebelum wudhu, dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu dengan membaca syahadat. Adapun bacaannya sebagai berikut:

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah.”

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

Setelah membaca doa, dilanjutkan dengan membaca niat wudhu. Membaca niat adalah salah satu syarat syah wudhu. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut:

Nawaitul wudhu’a lirof’il hadasil ashghori fardhol lillaahi ta’aala.”

Artinya: Saya niat wudu untuk mengangkat hadas kecil fardhu karena Allah Ta’aala.”

Jika sudah membaca niat wudhu, lanjutkan berwudhu sesuai urutan yang diajarkan Rasulullah SAW. Adapun urutannya yaitu sebagai berikut:

  1. Baca niat wudhu
  2. Lalu, basuh seluruh telapak tangan hingga ke sela-sela jari
  3. Kemudian berkumur 
  4. Selanjutnya membersihkan lubang hidung 
  5. Berikutnya membasuh wajah dari ujung kepala (mengenai rambut) hingga bawah dagu
  6. Setelah itu, membasuh tangan sampai siku yang diawali dari tangan kanan
  7. Mengusap bagian kepala
  8. Mengusap kedua telinga
  9. Terakhir membasuh kaki sampai mata kaki yang diawali dari kaki kanan

Doa Sesudah Wudhu

Setelah semua urutan wudhu di atas sudah dilakukan, maka selanjutnya yaitu membaca doa sesudah wudhu. Adapun bacaannya yaitu sebagai berikut:

Asyhadu alla ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, allahummaj’alni minat tawwabina waj’alnii minal mutathahhirina.”

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih)”

Demikian ulasan mengenai tata cara wudhu yang benar lengkap dengan bacaan niatnya daj doa sesudah wudhu. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi