Wuling Air ev Muncul dalam Unggahan Presiden Joko Widodo, Simak Keuntungan Memiliki Mobil Listrik Ini

Suara.com – Wuling Air ev, mobil listrik produksi Wuling Motors Indonesia muncul dalam sebuah gambar unggahan Presiden Joko Widodo di laman media sosial Instagram atas nama akun resminya @jokowi, Senin (14/11/2022).

Lukisan menarik itu menceritakan serba-serbi Bali, dilengkapi destinasi wisata serta berbagai ikon khas Pulau Dewata. Antara lain monumen Garuda Wisnu Kencana, pura, penari tradisional, sampai perempuan menjunjung gebogan. Ditambah kendaraan elektrifikasi berupa sepeda motor listrik ojek online, dan Wuling Air ev. Beriring kalimat “Welcome to Indonesia”.

Desain seru Wuling Air ev untuk KTT G20 Bali, seperti motif batik Megamendung [Wuling]
Desain seru Wuling Air ev untuk KTT G20 Bali, seperti motif batik Megamendung [Wuling]

Lantas caption menjelaskan lebih detail. Bunyinya: Para pemimpin negara G20 dan organisasi internasional mulai tiba di Bali untuk menghadiri KTT G20 pada 15-16 November 2022. Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Republik Korea Yoon Suk-yeol, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov adalah beberapa di antara pemimpin G20 yang telah tiba. Selamat datang di Indonesia.

Dalam Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali, seluruh transportasi darat memang diwadahi kendaraan listrik. Mulai bus listrik, passenger car tenaga listrik, sampai armada pengawalan khusus juga menggunakan kendaraan roda empat serta roda dua energi listrik.

Baca Juga:
Toyota Indonesia Siap Produksi Mobil Listrik dan Gelar Premiere Global Awal Pekan Depan

Wuling Motors (Wuling) sendiri menerjunkan 300 unit Wuling Air ev yang dipersiapkan bagi tamu VVIP dan delegasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali. Detailnya: tipe Long Range 216 unit dan tipe Standar Range 84 unit.

Mobil listrik pertama Wuling di Indonesia ini cukup diminati. Sejak diluncurkan pada Agustus 2022, penjualan produk yang diproduksi dalam negeri itu tembus 4.000 unit.

Simak keuntungan memiliki mobil listrik Wuling Air ev:

Wuling Air ev tipe Long Range

  • Baterai Lithium Ferro-Phosphate berkapasitas 26,7 kWh
  • Jarak jelajah mencapai 300 km dalam kondisi baterai terisi penuh

Wuling Air ev tipe Standar Range

Baca Juga:
Pastikan Mobil Listrik Air ev Sukses Beroperasi Selama KTT G20 Bali, Dibuka Wuling Jimbaran Pool

  • Baterai berkapasitas 17,3 kWh
  • Jarak jelajah mencapai 200 km dalam kondisi baterai terisi penuh

Garansi:

  • Garansi umum kendaraan sampai dengan tiga tahun atau 100.000 km
  • Garansi untuk komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga delapan tahun atau 120.000 km serta garansi reducer, power distribution unit, dan user connection unit sampai dengan lima tahun atau 100.000 km.

Biaya servis berkala:

  • Periode 5.000-3.000 km secara total Rp 3.992.000
  • Periode 40.000-70.000 km Rp 2,2 juta
  • Periode 80.000-100.000 km Rp 1.792.000.

Catatan: belum termasuk pajak dan gratis jasa servis berkala hanya sampai 50.000 km.

Keuntungan lain:

  • Insentif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk mobil pertama nol persen.
  • Biaya operasional lebih hemat karena harga 1,2 kWh listrik lebih murah dari banderol per liter bahan bakar minyak (BBM).
  • Komponen atau suku cadang pada mobil listrik lebih sedikit ketimbang mobil konvensional. Otomatis pengeluaran untuk menggantian komponen dalam hal perawatan berkala sudah pasti lebih terjangkau.
  • Bebas dari peraturan ganjil genap untuk mobilitas harian, tidak seperti mobil konvensional.