Segudang Aksi Kocak Menteri PUPR, Terbaru Tuai Sorotan Nyambi Jadi Fotografer di G20 Bali

Suara.com – Masyarakat tentu sudah tak asing lagi dengan kocaknya aksi sosok Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono.

Meski memiliki tugas yang besar dan kesibukan yang padat sebagai seorang pejabat publik, Basuki tak pernah gagal mengocok perut publik dengan segudang aksi kocak nan jenaka yang kerap ia buat.

Bahkan baru-baru ini, Basuki kembali ‘berulah’ mengeluarkan aksi kocak ketika perhelatan KTT G20 2022 Bali dengan menyambi sebagai seorang fotografer dadakan.

Lantas apa saja aksi kocak Basuki selama menjabat sebagai PUPR? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Gaya Menteri PUPR Basuki Jadi “Fotografer Dadakan” di KTT G20, Warganet Malah Salfok dengan Topinya

Nge-band bareng Iwan Fals

Penampilan Basuki Hadimuljono mainkan drum dampingin Iwan Fals bernyanyi (Twitter/@verraagustian_)
Penampilan Basuki Hadimuljono mainkan drum dampingin Iwan Fals bernyanyi (Twitter/@verraagustian_)

Siapa sangka, Basuki di tengah kesibukannya menjabat sebagai seorang menteri juga piawai dalam bermain drum. Adapun Basuki kerap menabuh drum di berbagai acara.

Salah satunya yakni Basuki ngeband bareng musisi sekaligus aktivis era Orde Baru, Iwan Fals pada perayaan HUT RI ke-77.

Video cuplikan aksi Basuki tersebut viral, lantaran dirinya piawai mengiring irama saat membawakan lagu berjudul “Bento” bersama Iwan Fals.

Crowdsurfing bareng Maba UGM

Basuki crowdsurfing bareng Maba UGM 2018 (Foto: Dok. Birkom PUPR)
Basuki crowdsurfing bareng Maba UGM 2018 (Foto: Dok. Birkom PUPR)

Basuki juga sempat unjuk talenta bermain drum saat dirinya juga diundang sebagai pembicara sebuah acara pengenalan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada 2018 silam.

Ia juga sempat melakukan aksi crowdsurfing atau berselancar penonton saat dirinya manggung di penutupan acara tersebut bak seorang musisi rock.

Baca Juga:
Profil Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR yang Jadi Fotografer di Acara G20

Nada dering HP jadul bikin salfok

Basuki menjawab panggilan telepon saat dampingi Jokowi tinjau pembangunan IKN (Dok. Tangkapan layar dari akun YouTube Sekretariat Presiden)
Basuki menjawab panggilan telepon saat dampingi Jokowi tinjau pembangunan IKN (Dok. Tangkapan layar dari akun YouTube Sekretariat Presiden)

Momen kocak Basuki lainnya terjadi saat ia mendapingi Presiden Jokowi meninjau pembangunan Ibu Kota Negara Baru atau IKN.

Kala itu, Jokowi tengah serius menjelaskan tentang perkembangan pembangunan. Namun sontak terdengar bunyi yang tak asing di telinga publik. 

Bunyi tersebut tak lain adalah bunyi nada dering dari ponsel lawas alias jadul yang ternyata masih dimiliki oleh Basuki. Sontak, Basuki mengangkat panggilan ke ponsel jadulnya itu.

Video momen kocak tersebut berakhir viral dan menjadi trending topic.

Pasang poster ucapan selamat ke Greysia-Apri: Dinobatkan jadi Menteri Meme

Poster kocak Basuki beri selamat ke atlet (Twitter/KemenPU)
Poster kocak Basuki beri selamat ke atlet (Twitter/KemenPU)

Basuki juga menyandang titel ‘Menteri Meme’ berkat segudang aksi kocaknya.

Gelar tersebut mencuat saat Basuki beri poster ucapan selamat ke dua atlet bulutangkis yang sukses menangkan ajang Olimpaide Tokyo 2020 yakni  Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Poster tersebut terbilang beda dari yang lain lantaran pejabat lainnya kerap dikritik lantaran memasang foto pribadinya dengan rasio yang lebih besar ketimbang kedua atlet berprestasi tersebut.

Adapun Basuki berani beda dan membuat poster kocak yakni dirinya di-edit masuk ke foto Greysia-Apri di kursi penonton bak seorang penggemar berat.

Nyambi fotografer di KTT G20 Bali

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. [Ist]
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. [Ist]

Basuki Hadimuljono juga turut diundang dalam rangkaian acara KTT G20 2022 Bali bersama dengan jajaran menteri lainnya. Lebih khususnya, Basuki hadir di Taman Hutan Raya Ngurah Rai untuk meninjau langsung proses konservasi sebagai bagian dari acara G20.

Alih-alih ikut membahas berbagai isu berat seperti menteri lainnya, Basuki malah menyambi sebagai fotografer dadakan. Basuki tampak memegang kamera berlensa canggih bak seorang fotografer profesional. Ia terlihat cekatan membidik berbagai objek dalam ajang tersebut.

Aksi Basuki tersebut suskes menggaet atensi publik, terutama banyak warganet yang berhasil dikocok perutnya oleh tingkah jenaka itu. Basuki juga kembali berhasil menyabet posisi trending topic Twitter saat foto dirinya menyambi fotografer G20 diunggah ke akun Twitter Kementerian PUPR.

Kontributor : Armand Ilham