Tekno  

Xiaomi 13 Akan Jadi HP Pertama yang Gunakan Snapdragon 8 Gen 2

Suara.com – Xiaomi 13 dipastikan akan menjadi HP pertama di dunia yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 2, prosesor terbaru dan tercanggih dari Qualcomm.

Kepastian ini ditangkap dari unggahan CEO Xiaomi, Lei Jun di Weibo pada Rabu (16/11/2022), tak lama setelah Qualcomm mengumumkan kehadiran Snapdragon 8 Gen 2 di Amerika Serikat.

“HP flagship Xiaomi akan menjadi yang pertama yang menggunakan platform mobile Snapdragon 8 generasi kedua,” tulis Lei Jun di Weibo, seperti dilansir dari Gizchina.

Dalam postingan itu jelas Lei Jun tak menyebut nama Xiaomi 13, tetapi sejumlah clue dan rumor sebelumnya sudah jelas menunjukkan ke arah sana.

Baca Juga:
HP Xiaomi dengan Snapdragon 8 Gen 2 Meluncur Desember 2022

Sebelumnya pada peluncuran Snapdragon 8 Gen 2, petinggi Qualcomm juga mengatakan bahwa pada akhir 2022 ponsel dengan cip baru itu akan diluncurkan.

Xiaomi 13 sendiri diduga kuat akan meluncur bulan depan. Ini sesuai dengan tradisi Xiaomi yang meluncurkan HP flagship setiap akhir tahun.

Contohnya Xiaomi 12 yang diluncurkan di Tiongkok pertama kali pada akhir Desember 2021 kemarin, sebelum dipasarkan secara global mulai Maret tahun ini.

Tetapi selain Xiaomi 13, Snapdragon 8 Gen 2 juga sudah diincar oleh merek lain termasuk Samsung, OnePlus, Vivo, Realme, Oppo dan lainnya.

Ponsel-ponsel flagship Samsung, termasuk seri ponsel lipat, disebut hanya akan menggunakan cip Snapdragon, termasuk Snapdragon 8 Gen 2 saat diluncurkan tahun depan.

Baca Juga:
Daftar HP Pakai Snapdragon 8 Gen 2, Kok Samsung Nggak Ada?

Adapun soal peluncuran Xiaomi 13, hingga saat ini belum ada kabar pasti tentang waktunya. Di Indonesia sendiri, Xiaomi 13 diyakini akan diluncurkan tahun 2023 mendatang.