Pilih Makan di Hotel, Anies Baswedan Malah Disebut Taraf Kehidupannya Lebih Rendah Ketimbang Gibran

Suara.com – Pertemuan antara Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih menarik untuk dibahas sejumlah pihak termasuk oleh Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun. Melihat lokasi pertemuan keduanya, Refly menyebut kalau taraf kehidupan Anies malah lebih rendah ketimbang Gibran.

Anies memilih sebuah hotel untuk menjadi lokasi pertemuannya bersama Gibran di Solo beberapa waktu lalu. Keduanya menyantap makan bersama sembari berdiskusi empat mata.

Setelah itu, Gibran memamerkan pertemuannya dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sebuah rumah makan sederhana. Entah menyindir Anies atau tidak, Gibran mengaku lebih nyaman kalau makan di rumah makan sederhana ketimbang di hotel.

Refly lantas menilai kalau Gibran itu sosok yang sudah bosan untuk menyantap makanan di hotel. Biasanya orang seperti itu, kata Refly, orang yang memiliki banyak uang dan sudah terlalu sering untuk membeli makanan di hotel.

Baca Juga:
Doa yang Dapat Diamalkan oleh Ibu Hamil Agar Selalu Dalam Lindungan-Nya

“Orang yang biasanya, enggak biasa makan di hotel itu orang yang sudah kenyang makan di hotel atau orang yang punya segalanya,” kata Refly dalam podcast yang disiarkan melalui YouTube Refly Harun, Kamis (17/11/2022).

Oleh sebab itu, Refly melihat kalau Gibran tidak terlalu terkesan dengan pertemuannya bersama Anies yang dilakukan di sebuah hotel. Gibran malah menunjukkan kesukaannya ketika makan di sebuah rumah makan sederhana.

“Jadi kalau pejabat-pejabat itu kalau ke luar kota itu nyari kuliner-kuliner khas daerah tersebut dan itu bukan di hotel tempatnya. Di hotel itu kan makanannya kadang-kadang standar kalaupun dia memasakan yang khas,” tuturnya.

Refly juga menilai kalau Gibran memiliki taraf kehidupan yang begitu tinggi. Menurutnya Anies kalah dari Gibran yang memiliki kekayaan melimpah. Kekayaan Gibran itu diperolehnya dari menjadi pengusaha.

“Jadi Anies kalau masih makan di hotel itu tarafnya masih di bawah Gibran untuk taraf kehidupan, iya lah, kan kayaan Gibran dibandingkan Anies,” ungkapnya.

Baca Juga:
Kepala BPOM Pimpin Doa Bagi Pasien Anak Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut

“Gibran punya aset, punya omset, punya bisnis, Anies enggak punya.”