Polisi Segera Umumkan Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut Anak

Suara.com – Satu hari lagi menjelang Jumat! Tetap semangat, yuk! Bisa, yuk!

ABC Indonesia kembali dengan rangkuman berita seputar dunia dalam Dunia Hari Ini edisi Kamis, 17 November 2022.

Simak berita yang terjadi selama 24 jam terakhir, yang akan kami mulai dari Indonesia.

Tersangka gagal ginjal akut anak diumumkan hari ini

Tim gabungan Badan Reserse Kriminal Polri kemungkinan besar akan mengumumkan tersangka kasus gagal ginjal akut anak hari ini (17/11).

Baca Juga:
41 Saksi Kasus Gagal Ginjal Akut Diperiksa Bareskrim Polri

A pharmacist looking at a drawer full of medicines. Image: Tersangka peredaran obat yang menyebabkan ginjal akut pada anak akan segera diumumkan. Supplied: ANTARA/ Jojon/ rwa

Polri dilaporkan telah memeriksa 41 saksi dan saksi ahli.

Kemarin juga (16/11), Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan akan menetapkan tersangka “melalui proses gelar perkara yang akan dilaksanakan secepatnya.”

Penetapan tersangka ini terpisah dari gugatan Komunitas Konsumen Indonesia terhadap Badan Pengawas Obat dan Makanan ke PTUN Jakarta karena pembohongan publik.

“Karena tidak menguji sirup obat secara menyeluruh. Pada 19 Oktober 2022 BPOM RI mengumumkan 5 obat mengandung cemaran EG/DEG, namun pada 21 Oktober 2022 malah BPOM RI merevisi 2 obat dinyatakan tidak tercemar.”

Hingga saat ini, 190 anak tercatat meninggal dunia akibat kasus gagal ginjal akut di Indonesia.

Baca Juga:
Bareskrim Polri Periksa 41 Orang Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

Kemarin katanya misil Rusia, ternyata punya Ukraina

Ukrainian position 'very transparent': Zelenskyy calls for international investigation Image: Volodymyr Zelenskyy mengatakan Ukraina “sangatlah transparan.”

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyerukan penyelidikan lebih lanjut atas misil yang jatuh di negara tetangganya, Polandia.

“Posisi Ukraina sangat transparan, kami berusaha untuk membuka semua detail, setiap fakta,” kata Zelenskyy.

“Inilah mengapa kami butuh tenaga ahli untuk bergabung dalam operasi penyelidikan internasional dan untuk mendapatkan akses ke semua data yang tersedia … ke lokasi ledakan.”

Sebelumnya, NATO dan Presiden Polandia Andrzej Duda menyimpulkan bahwa misil tersebut kemungkinan besar diluncurkan oleh pertahanan udara Ukraina, setelah sebelumnya Rusia menjadi terduga pemilik misil tersebut.

Walau demikian, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg tetap menyalahkan Rusia sebagai negara yang memulai perang dengan Ukraina hingga kekacauan ini terjadi.

Ada apa dengan Trudeau dan Xi?

Justin Trudeau in grey suit (left) and Xi Jinping in black suit gestures while speaking. Image: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berbicara dengan Presiden China Xi Jinping di KTT G20, Bali. Reuters: Adam Scotti/Prime Minister’s Office

Presiden China Xi Jinping mengkritik Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau secara langsung pada KTT G20.

Dalam sebuah video yang diterbitkan lembaga penyiar Kanada, Xi dan Trudeau terlihat berbicara dengan dibantu seorang penerjemah.

Xi yang terlihat kesal menuduh Trudeau telah membuka hasil rapat tertutup mereka ke publik, dengan mengekspresikan “kekhawatiran serius” tentang dugaan spionase dan “keterlibatan” China dalam pemilu Kanada.

“Ini tidak pantas, dan ini bukan caranya,” kata Xi menggunakan bahasa Mandarin, sambil tersenyum.

Merespon tuduhan tersebut, Trudeau mengatakan: “Di Kanada, kami percaya dialog yang terbuka dan jujur, dan itulah yang akan selalu kami pegang.”

Kerusuhan Iran masih terjadi

Kekacauan di Iran masih berlangsung, seperti tergambar dalam video bagaimana aparat keamanan di stasiun kereta Tehran menambaki belasan penumpang.

Terlihat bahwa warga berusaha untuk tetap berdiri namun jatuh menimpa satu sama lain.

People at a metro station platform are seen fleeing and falling down. Image: Warga di stasiun metro di Teheran melarikan diri dan jatuh saat terdengar suara tembakan. AFP

Dalam video lain dari sumber terkonfirmasi, terlihat juga aparat keamanan yang mengenakan pakaian biasa menyerang perempuan yang tidak memakai hijab di kereta bawah tanah.

Media melaporkan “pemberontak” telah membunuh dua anggota Pengawal Revolusi dan seorang kekuatan paramiliter Basij Selasa lalu (15/11).

Kemarin (16/11), seorang pengunjuk rasa dibunuh di depan rumah salah satu dari tiga pengunjuk rasa lainnya yang ditembak mati sehari sebelumnya, di provinsi Kurdistan.

Situasi banjir Australia terkini

Tim SAR di New South Wales masih dalam upaya penyelamatan ribuan korban banjir di negara bagian tersebut,

Sebanyak 18 ahli penyelamatan banjir Singapura akan mendarat di Sydney hari ini (17/11) untuk membantu prosesnya.

flood rescue eugowra Image: Satu dari lima warga di Eugowra diselamatkan Senin kemarin di tengah banjir yang menghadang. Supplied: NSW SES
An ambulance on its side. Image: Banjir di Eugowra telah menimbulkan berbagai kerusakan. Supplied: Mat Reid.
a horse is rescued from floodwater Image: Seekor kuda diungsikan dari banjir di kota Forbes. ABC News: Harriet Tatham
a street completely covered in water with a bin floating past Image: Banjir belum mencapai puncaknya tapi kota Forbes sudah sangat terendam air. ABC News: Harriet Tatham

Foto-foto tadi sekaligus menutup perjumpaan kita kali ini. Jangan lupa simak Dunia Hari Ini dari ABC Indonesia besok, ya!