Porsche 911 Dakar Berjaya di Gurun Pasir dan Es, All-New Toyota Prius Dua Varian, Jangan Telat Ganti Oli

Suara.com – All-New Toyota Prius, Porsche 911 Dakar, ganti oli mesin, CiKoMa, komparasi, Yamaha XMAX Connected, kendaraan seken, dan pentingnya perawatan mesin mobil menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com hari ini.

Toyota Motor Corporation telah mengumumkan kehadiran mobil hybrid terbarunya, All-New Toyota Prius generasi kelima. Selain mengalami perubahan desain dari generasi ke generasi, ada hal tak kalah seru. Yaitu muncul dalam dua varian tenaga baterai pendorong tenaga dari mesin konvensional.

Masih tentang mobil baru, Porsche AG melahirkan produk seru. Sportcar perdana yang siap mengarung ganasnya trek gurun pasir. Diberi nama Porsche 911 Dakar, inspirasinya adalah kemenangan tim Porsche saat berlaga di kejuaraan trek ganas antarnegara: Paris-Dakar Rally 1984.

Cikal bakal dari tunggangan reli, kendaraan dua pintu ini telah diuji di berbagai gurun Afrika, serta dibawa ke lingkaran Kutub Utara untuk pengujian. Jelas performanya dahsyat.

Baca Juga:
4 Side Trip Keren Saat Nonton WSBK Mandalika 2022, dari Tebing Pantai Sampai Melenggang di Jalan Raya Kuta-Mawun

Kini tentang teknologi, Honda menciptakan kendaraan bagi mereka yang merasa tidak pawai menyetir atau malahan tidak bisa mengemudi. Disebut sebagai CiKoMa, inilah wujud aplikasi teknologi seru.

Selanjutnya adalah tips tentang memilih  sepeda motor Yamaha XMAX . Ingin versi terbaru atau yang seken atau second hand, masing-masing memiliki kisaran harga yang bisa diselaraskan budget.

Dan sebagai penutup adalah ajakan rutin mengganti oli mesin mobil kesayangan. Sekali dua kali terlambat mungkin bisa dimengerti. Akan tetapi bila menjadi kebiasaan, simak kerugian yang bakal dialami.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat beraktivitas, patuhi selalu peraturan lalu-lintas, dan jangan abaikan protokol kesehatan.

1. Inspirasi Kemenangan Mengarungi Gurun Pasir, Lahir Porsche 911 Dakar

Baca Juga:
Jonathan Rea, Juara Dunia WSBK Enam Kali Ucapkan Selamat kepada Alvaro Bautista yang Menyandang Titel 2022

Porsche 911 Dakar yang telah diuji di Gurun Sahara, hingga Dubai dan Maroko dengan handling dan suspensi memuaskan para tester, utamanya pereli dunia [Porsche via Car Expert].
Porsche 911 Dakar yang telah diuji di Gurun Sahara, hingga Dubai dan Maroko dengan handling dan suspensi memuaskan para tester, utamanya pereli dunia [Porsche via Car Expert].

Dalam gelaran Los Angeles Auto Show, Amerika Serikat atau LAAS 2022 esok hari waktu setempat (16/11/2022), Porsche siap menghadirkan sebuah kejutan. Yaitu sportcar pertama yang sanggup melahap gurun pasir.

Dikutip dari CarExpert Australia, model ini dinamakan Porsche 911 Dakar. Inspirasinya adalah prestasi Porsche saat memenangkan Paris-Dakar Rally 1984.

Baca selengkapnya

2. All-New Toyota Prius Generasi Kelima Meluncur, Tersedia dalam Dua Versi Hybrid dan Tampilkan Transformasi Desain

Haluan dari All-New Toyota Prius 2023 [Toyota Global via ANTARA].
Haluan dari All-New Toyota Prius 2023 [Toyota Global via ANTARA].

All-New Toyota Prius generasi kelima diperkenalkan perdana secara global pada Rabu (16/11/2022). Model tahun terbaru dari Prius ini hadir dalam dua versi mesin. Yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV) serta Plug-in Hybrid (PHEV).

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi Toyota Global, All-New Toyota Prius versi HEV akan meluncur ke pasar mulai akhir tahun ini. Sementara All-New Toyota Prius versi PHEV bakal hadir sekitar musim semi 2023.

Baca selengkapnya

3. Honda Rancang Mobil untuk Orang yang Tidak Bisa Nyetir

Honda Cikoma, mobil yang dirancang untuk orang yang tak bisa nyetir. [Honda]
Honda Cikoma, mobil yang dirancang untuk orang yang tak bisa nyetir. [Honda]

Honda tengah mengembangkan mobil berdimensi mini yang dirancang bagi orang-orang yang tidak bisa nyetir, demikian diwartakan PC Magazine belum lama ini.

Dinamai CiKoMa, desain eksterior mobil ini menyerupai mobil golf. Bedanya mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan cooperative intelligence (CI) yang dirancang khusus oleh Honda.

Baca selengkapnya

4. Sering Terlambat Ganti Oli Mengundang Risiko, Ini Tips Agar Mesin Mobil Tetap Sehat

Ilustrasi mengisi oli mesin mobil (Shutterstock).
Ilustrasi mengisi oli mesin mobil (Shutterstock).

Masa penggantian pelumas atau oli umumnya didasarkan pada seberapa berat mesin mobil bekerja serta lama pemakaian. Rekomendasi pabrikan biasanya enam bulan sekali atau setelah menempuh jarak setiap 10 ribu km.

Bila anjuran itu tidak ditaati, warna pelumas atau oli yang tidak diganti menjadi semakin hitam dan kental. Fungsi sebagai pelumas juga menurun. Dampaknya kinerja mesin mobil ikut turun, serta suara mesin terdengar semakin kasar.

Baca selengkapnya

5. Komparasi Yamaha XMAX Baru dan Seken: Bedanya di Soal Harga dan Teknologi

Yamaha XMax 250 Metallic Red edisi 2021 [PT YIMM].
Yamaha XMax 250 Metallic Red edisi 2021 [PT YIMM].

Di pentas Indonesia Motor Show atau IMOS 2022, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha XMAX Connected 2023. Harga yang ditawarkan Rp 66 jutaan. Sebuah produk baru yang seru, siap diajak perjalanan jarak jauh alias touring.

Lantas bagaimana bila ingin Yamaha XMAX namun budget yang dimiliki berada di klasifikasi motor bekas?

Baca selengkapnya