Tekno  

Tiga ilmuwan berbagi Penghargaan Nobel 2022 di bidang Kimia

Jakarta (ANTARA) – Carolyn R. Bertozzi dan K. Barry Sharpless dari Amerika Serikat (AS) serta Morten Meldal dari Denmark berbagi Penghargaan Nobel 2022 di bidang Kimia “untuk pengembangan ‘kimia klik’ dan kimia bioortogonal,” demikian diumumkan Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia pada Rabu (5/10).

Sharpless dan Meldal menciptakan landasan bagi bentuk fungsional kimia, “kimia klik”, yang memungkinkan balok-balok molekul bersatu dengan cepat dan efisien.

Bertozzi membawa “kimia klik” ke dimensi baru dan mulai menggunakannya dalam organisme hidup, kata akademi itu dalam pernyataannya.

“Penghargaan di bidang Kimia tahun ini berkaitan dengan cara untuk tidak memperumit masalah, melainkan bekerja dengan cara yang mudah dan sederhana. Molekul fungsional dapat dibangun bahkan dengan menggunakan cara yang sangat sederhana,” papar Johan Aqvist, Ketua Komite Nobel Bidang Kimia.

“Saya hampir tak dapat bernapas!” ungkap Bertozzi dalam wawancara telepon di lokasi tentang reaksinya. Mendengar kabar tersebut pada tengah malam, dia mengatakan, “ini lebih dari sebuah kejutan!”

Tahun ini, hadiah senilai 10 juta krona Swedia (1 krona Swedia = Rp1.390) akan dibagi rata di antara ketiga pemenang, demikian Xinhua dikutip Kamis.

 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2022