SPAM Banjarbakula Targetkan Layani 74 Ribu Sambungan Rumah

Satu-satunya SPAM di Kalimantan telah layani 43 ribu sambungan rumah Banjarbaru

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN — Pemerintah saat ini sudah selesai membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula tahap ke II di Kalimantan Selatan pada 2021. Satu-satunya SPAM yang berada di Pulau Kalimantan itu saat ini sudah melayani air minum untuk 43.402 sambungan rumah (SR) di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan dan ditargetkan akan bertambah penyalurannya. 


“Sampai 2024 nanti akan ke 74.202 SR. Ini lah kenapa Kalimantan Selatan dipilih menjadi percontohan karena kolaborasinya dari pemerintah kabupaten dan provinsi luar biasa,” kata Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan Teuku Davis Hamid saat ditemui di SPAM Banjarbakula, Rabu (5/10/222). 


Hamid menyebut dukungan yang didapatkan tersebut mulai dari studi kelayakan hingga pembebasan lahan. Untuk itu Hamid memastikan Kementerian PUPR merasa yakin dan terpanggil untuk membangun SPAM pertama di Pulau Kalimantan. 


Dia menambahkan, untuk pembangunan tahap kedua, SPAM tersebut diharapkan dapat menyerap 30.800 SR secara bertahap sehingga mencapai target 74.202 SR. “Ini dengan adanya penambahan SR 4.800 sampai 20 ribu SR pada 2024,” tutur Hamid. 


Hamid menjelaskan saat ini SPAM Banjarbakula meliputi Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Laut. Meskipun begitu, Hamid menegaskan tidak semua wilayah dari Kabupaten Banjar dan Tanah Laut dapat dilayani SPAM Banjarbakula. 


“Ini disebabkan karena wilah administrasi kedua kabupaten cukup besar dan adanya keterbatasan jarak pengalihan dan perpipaan,” ungkap Hamid. 


Saat ini SPAM Banjarbakula untuk di Kota Banjarbaru untuk reservoar off take Muslimin akan melayani dua kecamatan yakni Banjarbaru Selatan dan Cempaka. Sementara di Kabupaten banjar meliputi tiga kecamatan yakni Karang Intan, Astambul, dan Mataraman. 


Sementara untuk reservoar off take 2 Pinus akan melayani di Kota Banjarbaru di kecamatan Banjarbaru Utara, Liang Anggang, dan Landasan Ulin. Sementara di Kecamatan Banjar meliputi kecamatan Martapura, Martapura Timur, dan Martapura Barat. Lalu untuk reservoar off take Bati-bati akan melayani empat kecamatan yakni Bati-Bati, Tambang Ulang, Kurau, dan Bumi Makmur.