Tekno  

Intel Umumkan Prosesor 13th Gen, Diklaim Prosesor Desktop Tercepat di Dunia

Suara.com – Intel mengumumkan keluarga prosesor Intel Core Generasi ke-13, yang dipimpin oleh Intel Core i9-13900K Generasi ke-13, diklaim sebagai prosesor desktop tercepat di dunia.

Rangkaian Intel Core Generasi ke-13 yang baru, mencakup enam prosesor desktop baru yang tidak terkunci dengan hingga 24 core dan 32 thread serta kecepatan clock yang luar biasa hingga 5,8 GHz untuk pengalaman bermain game, streaming, dan perekaman terbaik.

Peluncuran prosesor Intel Core “K”, keluarga desktop Intel Core Generasi ke-13 akan terdiri dari 22 prosesor dan lebih dari 125 desain sistem mitra, memberikan pengalaman tanpa kompromi dalam kinerja aplikasi dan kompatibilitas platform.

Penggemar dapat memanfaatkan peningkatan kinerja prosesor Intel Core Generasi ke-13 dengan motherboard chipset Intel 600 atau seri baru Intel 700.

Baca Juga:
Intel Hapus Nama Prosesor Pentium dan Celeron Mulai 2023

Dikombinasikan dengan dukungan memori DDR5 terbaru dan dukungan memori DDR4 yang berkelanjutan, pengguna dapat menikmati manfaat Intel Core Generasi ke-13 sambil menyesuaikan pengaturan mereka berdasarkan fitur dan preferensi anggaran mereka sendiri.

Setelah diumumkan prosesor Generasi ke-13 resmi, CPU desktop Intel Generasi ke-13 akan mulai hadir pada 20 Oktober nanti, dipimpin oleh Core i9-13900K andalan dengan harga 589 dolar AS atau sekitar Rp 8,94 juta.

Intel Core Generasi ke-13. [Intel]
Intel Core Generasi ke-13. [Intel]

Harga itu sama dengan flagship 12900K Intel sebelumnya, meskipun ada peringatan Intel tentang kenaikan harga.

Intel Core i9-13900K akan dikirimkan dengan 24 core, 32 thread, dan kecepatan clock hingga 5,8GHz.

Dibangun pada proses 7 Intel dan arsitektur hibrid kinerja x86, prosesor Generasi ke-13 mencakup core Performance (P-cores) dan Efficient cores (E-cores) yang membagi beban kerja secara cerdas menggunakan Intel’s Thread Director, mikrokontroler tertanam di dalam CPU yang memantau thread dan memastikan mereka berjalan pada inti yang benar.

Baca Juga:
Intel Membocorkan Spesifikasi Prosesor Generasi ke-13

Intel menggunakan arsitektur yang sama untuk chip Generasi ke-12 tahun lalu dan ini merupakan pendekatan yang mirip dengan apa yang telah dilakukan Apple dengan silikon berbasis Arm-nya.