Bola  

Pemain J3 League bawa Jepang tersubur di kualifikasi Piala Asia U-20

Jakarta (ANTARA) – Timnas Jepang tampil mengesankan saat turun di kualifikasi Piala Asia U-20 Grup C bersama Yaman, Palestina, Guam dan Laos sebagai tuan rumah dengan menjadi tim tersubur dengan raihan 22 gol tanpa kebobolan.

Pemain dari Meiji Yasuda J.League atau Liga Jepang sebagaimana keterangan resmi dari J.League, Jumat, memiliki peran penting dalam kelolosan timnas Jepang ke Piala Asia U-20 2023.

Kegemilangan ini tidak lepas dari racikan pelatih Koichi Togashi dan juga kontribusi para pemain J.League di dalamnya dan dari 23 pemain yang dipanggil, 19 di antaranya berasal dari tim-tim J.League ataupun tim muda klub J.League.

Dari 19 nama pemain J.League, 13 di antaranya berasal dari tim kasta teratas alias J1 League, lima pemain dari J2 League, dan satu pemain dari kasta ketiga alias J3 League yakni pemain FC Imabari, Kanta Chiba.

Catatan ini juga menjadikan Chiba top skor di antara para pemain lain di kualifikasi Piala Asia U-20 ini, pesaing terdekatnya hanya mencetak enam gol yaitu Amir Ebrahimzadeh (Iran) dan Lee Young-jun (Korea Selatan).

Isa Sakamoto dari Gamba Osaka jadi pemain tersubur kedua bagi Jepang dengan koleksi tiga gol. Sedangkan Sota Kitano (Cerezo Osaka), Issei Kumatoriya (Universitas Meiji), dan Jiro Nakamura (Gamba Osaka), masing-masing mencetak dua gol.

Gelaran Piala Asia U-20 2023 adalah menjadi yang ke-38 timnas Jepang lolos ke perhelatan ini. Prestasi terbaik mereka adalah jadi juara pada edisi 2016 di Bahrain dengan mengalahkan Arab Saudi lewat adu penalti di partai final.

Di Piala Asia U-20 2023, timnas Jepang akan masuk ke dalam pot 2 pembagian grup, hal yang membuat Samurai Biru mungkin akan bertemu tim-tim kuat lainnya di babak grup.

Gelaran Piala Asia U-20 akan digelar di Uzbekistan, 1-18 Maret 2023, diikuti oleh 16 negara, termasuk Indonesia.

Empat tim terbaik alias negara yang masuk semifinal akan jadi wakil Asia di Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia 20 Mei hingga 11 Juni 2023, dengan Indonesia sudah memastikan diri lolos sebagai tuan rumah.

Baca juga: Oswaldo dan Moriyasu, dua pelatih tersukses di Liga Utama Jepang

Baca juga: Tim Liga Utama Jepang Urawa Reds menuju terbaik di Asia


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022