Korlantas Pastikan ETLE Sudah Tersebar di 34 Provinsi

Suara.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memastikan kehadiran Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di 34 Provinsi Indonesia.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan dengan adanya peningkatan ETLE diharapkan angka kecelakaan bisa semakin menurun. Sebab, lewat ETLE kepatuhan dan ketaatan berlalu lintas masyarakat bisa naik.

“Alhamdulillah, bersamaan dengan Hari Lalu Lintas ke-67 kami menyelesaikan salah satu program prioritas yaitu ETLE Nasional. Hari ini, telah diresmikan di delapan Polda sehingga totalnya sudah ada di 34 Polda,” jelas Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, usai Syukuran Hari Lalu Lintas ke-67 sekaligus Launching ETLE Tahap Ketiga, di Korlantas Polri, Pancoran, Jakarta Selatan.

Polisi Lalu Lintas menunjukkan kamera ETLE Mobile. [ANTARA FOTO]
Polisi Lalu Lintas menunjukkan kamera ETLE Mobile. [ANTARA FOTO]

Ia mengungkapkan, lewat pengembangan teknologi informasi yang ada diharapkan kepolisian bisa semakin baik. Sehingga bisa menampilkan sosok Polri yang tegas, berwibawa, humanis, bersih, dan dicintai masyarakat.

Baca Juga:
HUT ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara: Mengenang Mayjen Pol (Purn) Ursinus Elias Medellu, Pencetus BPKB dan Surat Tilang

“Tentunya dengan pengembangan teknologi informasi yang ada, layanan kepolisian semakin baik untuk mengindari pelanggaran. Sehingga menampilkan jajaran lalu lintas menjadi salah satu etalase Polri yang dalam pelayanannya tentunya dicintai masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi menuturkan, Hari Lalu Lintas ke-67 menjadi pengingat agar lebih baik di masa mendatang.

“Hari ini kami bukan mengadakan upacara, tapi lebih kepada nuansa intropeksi. Selama 67 tahun perjalanan polisi lalu lintas bukan waktu yang sebentar. Tentunya dengan dinamika kebutuhan masyarakat dan pertimbangan sisi pemerintah, akhirnya menempatkan polisi lalu lintas di berbagai posisi,” ujarnya.

Polisi Lalu Lintas menunjukkan kamera Electric Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile yang terpasang di badan saat peluncuran di Polda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021). Polda Metro Jaya meluncurkan 30 perangkat kamera ETLE Mobile yang terpasang di badan petugas (body cam), helm (helmet cam), dan dashboard mobil (dash cam). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp
Polisi Lalu Lintas menunjukkan kamera Electric Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile [ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp].

Adapun launching ETLE Tahap Ketiga ini dilakukan di delapan Polda yaitu Polda Aceh, Polda Kepri, Polda Kaltara, Polda Sulteng, Polda Sulbar, Polda Sultra, Polda Maluku, Polda Maluku Utara.

Di launching ETLE tahap ketiga, terdapat pengembangan dan pembaharuan berupa ETLE mobile device yang terbagi menjadi tiga: Mobile on board, ETLE mobile hand held, dan ETLE mobile apps.

Baca Juga:
Korlantas Gladi Rekayasa KTT G20 di Bali, Berikut Daftar Lokasi dan Jalur Perlintasan