Anime  

[Husbando Friday] Brain Unglaus

Musim panas akan segera berakhir. Event jejepangan sudah di depan mata. Tetapi semua itu tidak akan berakhir atau dimulai sebelum kita membahas pria 2 dimensi terganteng di musim ini. Siapa lagi kalau bukan Brain Unglaus, Sang Kesatria Terkuat!

Brain Unglaus merupakan karakter dari serial Overlord. Dia sudah muncul sejak musim pertama dan terus eksis sampai musim keempat yang sedang tayang di musim ini. Ia merupakan pria yang memiliki kemampuan berpedang luar biasa dan hanya kalah dari beberapa orang saja. Brain bahkan tidak pernah kalah sekalipun ketika bertarung melawan musuhnya, sebelum bertemu rivalnya,  Gazef Stronoff.

Setelah mengalami kekalahan perdananya, Brain terus melatih dirinya untuk menjadikan dirinya lebih kuat dari Gazef yang sudah diangkat menjadi pemimpin pasukan kerajaan Re-Estize. Di saat dirinya sudah mulai mengembangkan ilmu bela dirinya, dirinya bertemu dengan Shalltear yang sedang menginvasi markas rahasianya. Pertemuan dengan Shalltear mengubah cara berpikirnya menjadi tidak congkak dan semakin rendah hati. Dari sinilah Brain yang kita cinta berubah menjadi pria yang mengagumkan.

Jadi, setelah menghabiskan 15 volume novel Overlord dan 4 musim animenya, bagaimana perjalanan seorang Brain Unglaus sampai bisa dikatakan husbando sejati. Berikut ulasannya.

+ Rambut Biru Yang Cool

Hal yang pertama paling bisa temukan dari dalam diri Brain adalah penampilannya yang unik. Jarang sekali ada karakter 2D yang dibuat dengan rambut ikal berwarna biru dan mata seksi berwarna cokelat. Tubuh Brain juga terbentuk cukup bagus akibat sering berlatih pedang. Duh, kebayang gak, sih? Kalau husbumu sudah macho terus peluh keringatnya bercucuran membasahi baju yang terlihat agak sempit sambil menampilkan otot-otot kekarnya.

Nah, dari tampangnya saja, Brain sudah dikatakan melampaui ranah husbando. Fix, Brain bukan husbando kaleng-kaleng, salah satu top tier yang ada di serial ini. Apalagi tatapan, beuh.. begitu sangar tapi cool. Bukan yang dingin buatan ruangan putih kayak anime sebelah, ups.

Ketika abang Brain berada di kursi kusir, di situlah Tuan Putri diantar ke istananya 🥶🥶🥶

Kalau memiliki husbu seperti Brain, dijamin pasti solid. Abang satu ini siap mengantar tuan putri, melayani serta menjaga agar kamu merasa safe.

+ Favorit Sutradara Anime

Sudah punya tampang ganteng, ternyata Brain juga mendapat berkah dari tokoh penting dalam pembuatan animenya. Siapa lagi kalau bukan sutradara anime Overlord. Dengan otoritasnya sebagai sutradara, scene Brain yang kita lihat di anime bisa lebih banyak dimasukan dari yang bisa kita kira.

Keputusan ini sempat menimbulkan polemik di kubu fans Overlord. Kemunculan perdana Brain di animenya terjadi di season 1 episode 10. Lebih dari separuh durasi episode dihabiskan demi abang-abang tercinta yang satu ini. Bahkan debutnya Nigredo sampai kena skip dan baru bisa debut di musim keempat. Bayangkan, debut brilian abang yang satu ini berhasil menggeser debut salah satu penduduk Nazarick sampai harus menunggu 7 tahun.

Setiap momen yang memperlihat Brain dalam animenya dipastikan momen itu adalah scene yang penting, bahkan dibuatkan secara dramatis. Sepertinya sang sutradara ingin melihat para penonton tidak terfokus hanya kepada penduduk Nazarick yang bergerak mengikuti kehendak Ainz Ooal Gown.

Kebebasan yang dimiliki Brain tidak dimiliki oleh kebanyakan karakter Overlord. Saking bebasnya, kita agak sulit mengerti esensi dari karakter Brain Unglaus. Tetapi siapa yang peduli soal itu semua. Yang penting abang kita bisa bebas menentukan nasib sendiri setelah mengalami naik turunnya kehidupan. Benar-benar seorang pria sejati.

+ True Nail Clipper

Jika diperhatikan lebih baik, Brain Unglaus adalah salah satu karakter di luar Nazarick yang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Pada awalnya, Brain hanyalah pria biasa yang terobsesi pada dirinya yang kuat. Belum ada yang mengalahkannya selain Gazef, makanya ia bisa menyombongkan diri. Palingan kalau ada pun, hanya beberapa orang saja.

Semua berubah ketika ia bertemu dengan wanita pengubah nasibnya, Shalltear Bloodfallen. Semua serangan Brain tidak sama sekali tidak membuat Brain Brain dihajar telak sampai lari terbirit-birit dari vampir itu. Sejak itu, Brain mengalami perubahan terhadap karakternya. Ia tidak lagi sombong dan terus berlatih agar bisa lebih kuat.

Puncaknya di episode 13 musim kedua, di mana akhirnya Brain bisa memotong kuku Shalltear pada perjumpaan keduanya. Meski dirinya masih gemetar melawan penjaga lantai terkuat di Nazarick itu, Brain dengan mantap menggunakan jurus terbarunya hanya demi tujuan memotong kuku Shalltear. Dedikasi Brain akhirnya terbayarkan dan ia tidak merasa menjadi orang tak berguna lagi.

Setelah dari peristiwa itu, Brain masih terus berlatih dan berhasil mengembangkan jurus tebasan cahaya empat kali lipat menjadi enam kali lipat. Jurus terakhir yang berhasil dikembangkannya, digunakannya untuk melawan Cocytus di episode 12 musim keempat adalah kombinasi semua jurus terbaiknya yang diberi nama “True Nail Clipper”. Brain berhasil melampaui ranah pahlawan sekaligus melewati kekuatan Gazef. Pada akhirnya, semua tujuannya tercapai untuk berhasil melukai Shalltear dan melampaui rivalnya Gazef di momen terakhirnya.

– Meninggal (Tapi Tetap ‘Stay Cool’)

Brain Unglaus

Lewat duelnya melawan Cocytus, Brain berhasil mencapai semua tujuan utamanya. Sebagai seorang kesatria, ia paham betul risiko melawan yang lebih kuat darinya. Dalam duel itu, ia terbunuh oleh satu tebasan Cocytus yang membelah dadanya. Meski gagal meet-up dengan Ainz untuk kedua kalinya, ia bisa puas tumbang dengan makhluk yang paham petul tentang etika kesatria. Mayatnya dibekukan oleh perintah Cocytus. Sebagai bentuk penghormatan atas keberaniannya, Cocytus tidak melangkahi mayatnya dan mengambil jalan memutar untuk maju lebih dalam ke pusat ibukota.

Dari sini kita belajar, walau abang Brain sudah meninggal, dirinya tetap stay cool, menjadikan kematiannya begitu dramatis diiringi musik spesial di animenya. Inilah wujud stay cool tertinggi sesuai dengan sabda ultimate “Stay Cool Kirito”. Bisa kita bilang, Brain ini juga sudah melewati ranah Kirito hanya lewat kematiannya saja.

– Abang Abang Tidak Jelas

Brain Unglaus

Nah, ini dia bagian seriusnya. Bagi Anda yang mendewakan plot di atas segalanya, pasti kesal dengan keberadaan Brain. Di Overlord itu banyak loh karakter yang bagus-bagus. Tapi beberapa scenenya kena skip di animenya demi jam tayang abang-abang tidak jelas satu ini.  Kenapa saya bilang tidak jelas? Karena meski perubahan karakternya signifikan tetapi untuk apalah semua itu? Memotong kuku Shalltear? Apakah itu merupakan pencapaian yang bisa diapresiasi fans? Walau dalam kacamata manusia di New World, pencapaian ini cukup wah, bagi penonton atau pembaca banyak yang menganggap itu adalah hal yang receh. Untuk apa coba, mengorbankan jam tayang Nigredo dan lainnya hanya untuk abang-abang yang tujuannya potong kuku?

Kalau mau dirangkum, kisah Brain adalah sebagai berikut. Seorang pria yang fanatik dengan skill berpedang, mempunyai rival kesatria terkuat di kerajaan, kemudian berubah 180 derajat ketika bertemu musuh yang jauh lebih kuat daripadanya. Setelah menempa skillnya lebih dalam, ia berhasil membalas kekalahannya dengan memotong kuku lawannya tersebut. Setelah kejadian tersebut, menyaksikan rivalnya terbunuh dan mendapat kepercayaan menjaga pedang rivalnya tersebut karena pusaka kerajaan. Tetapi ketika musuh yang sama yang membunuh rivalnya datang menyerang, ia malah meninggalkan segala tanggung jawabnya termasuk pedang rivalnya tersebut. Padahal rivalnya sudah memberi contoh untuk tidak melawan musuh kuat tersebut agar dia bisa tetap hidup. Pada akhirnya ia tewas akibat keputusannya tersebut dan tidak meninggalkan kesan begitu berarti bagi sebagian penggemar.

Begitulah perjalanan hidup Brain Unglaus yang singkat namun cukup panjang karena jam tayang anime yang maksimal. Apakah Brain merupakan husbu terbaik untukmu? Artikel ini saya tutup dengan satu kalimat: “Brain Unglaus tidak terbunuh oleh siapapun, hanya dirinya seorang yang bisa menentukan kematiannya.”