Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan Untuk Latihan Bersama

Kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan pada Jumat (23/9) tiba di Pelabuhan Busan, Korea Selatan, menjelang latihan militer bersama kedua negara. Latihan itu untuk menunjukkan kekuatan mereka melawan ancaman Korea Utara yang semakin meningkat.

Latihan bersama itu akan menjadi yang pertama melibatkan kapal induk Amerika di kawasan itu sejak 2017, ketika Amerika mengirim tiga kapal induk termasuk USS Ronald Reagan untuk latihan angkatan laut dengan Korea Selatan sebagai tanggapan atas uji coba nuklir dan rudal Korea Utara.

Laksamana Muda Michael Donnelly, Komandan Gugus Tugas 70 dan Komandan Gugus Tempur 5 Amerika mengatakan “Angkatan Laut Republik Korea dan Amerika mencari setiap kesempatan untuk mempraktikkan interoperabilitas dan menjalankan taktik dan operasi bersama sementara kami beroperasi di mana saja di seluruh Pasifik.”

Kedua sekutu tahun ini menghidupkan kembali latihan militer skala besar mereka yang dirampingkan atau ditangguhkan pada tahun-tahun sebelumnya untuk mendukung diplomasi dengan Pyongyang atau karena COVID-19. Latihan itu juga menanggapi dimulainya kembali pengujian senjata utama Korea Utara dan meningkatnya ancaman konflik nuklir dengan Korea Selatan dan Amerika. [ka/uh]