Nissan Kembangkan Teknologi Tangkal Virus Covid-19, Apa Keunggulannya? : Wallpaperspeed Otomotif

NISSAN Motor Co., Ltd. mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Farmasi Universitas Tohoku untuk mengembangkan teknologi yang dapat menonaktifkan virus menggunakan spesies katalis aktif.

Dikutip dari laman resmi Nissan, teknologi ini memiliki aplikasi potensial untuk menonaktifkan virus dengan mengoksidasi, mendenaturasi, dan mendegradasi protein, serta zat lain pada permukaan virus.

Teknologi katalis oksidasi radikal nitroksil organik, atau dikenal dengan katalis radikal tersebut akand igunakan sebagai aditif dalam bahan dasar polimer cat. Serat dan bahan polimer organik akan digunakan pada interior dan eksterior kendaraan.

Selain menonaktifkan virus, termasuk virus corona, teknologi ini juga dapat menonaktifkan patogen seperti jamur dan bakteri.

Pada mobil Nissan, katalis radikal mencegah reaksi fotodegradasi seperti retak, getas, dan memudar dalam jangka waktu yang lama.

infografis

Studi tentang efek teknologi ini telah menemukan bahwa garam oksoamonium yang dihasilkan dapat mengoksidasi dan menonaktifkan protein permukaan virus. Ini mengurangi kemampuan virus untuk mengikat dengan sel manusia.

Teknologi ini diciptakan dengan memanfaatkan teknologi dan keahlian Nissan dalam pengembangan otomotif. Sedangkan Universitas Tohoku mengembangkan obat, evaluasi obat, dan ilmu farmasi lainnya, seperti persiapan katalis, dan evaluasi kinerja katalis.

Hasil studi juga menunjukkan teknologi ini bekerja pada virus SARS-CoV2 (strain omicron). Virus SARS-CoV2 alternatif, dan keluarga virus corona juga diuji dan terbukti efektif. Hal ini terlihat pada perubahan aktivitas pada virus SARS-CoV2 yang menjangkiti kucing.

Kesuksesan teknologi ini juga berpotensi untuk diaplikasikan lebih luas di masa depan. Ini termasuk penggunaan bahan dasar antibakteri dan antivirus dalam filter untuk peralatan AC dan pembersih udara, serta dalam masker dan produk tekstil medis.

Dalam keterangan resminya, Nissan telah meneliti dan mengembangkan penggunaan katalis radikal dalam waktu cukup lama. Ini dilakukan sebagai upaya memaksimalkan aktivitas katalitiknya dan berkontribusi lebih jauh kepada masyarakat.

Pandemi Covid-19 memang menjadi ancaman serius di seluruh dunia, dan semua produsen berlomba untuk menciptakan alat yang dapat mematikan virus. Ini akan memudahkan orang-orang dalam beraktivitas di luar ruangan.

Menyadari hal tersebut, Nissan ingin berkontribusi melalui pruduk otomotif mereka yang dengan menghadirkan teknologi canggih. Bukan hanya Covid-19, virus berbahaya lainnya juga diharapkan dapai dinon-aktifkan dengan katalis radikal yang sedang dikembangkan.