Bola  

Kim Pan-gon Bawa-Bawa Pengalaman Usai Antar Timnas Malaysia Kalahkan Thailand, Kirim Psywar ke Shin Tae-yong? : Wallpaperspeed Bola

PELATIH Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, bawa-bawa pengalaman usai mengantarkan timnya menang adu penalti atas tuan rumah Thailand di semifinal Piala Raja 2022, Kamis 22 September 2022 malam WIB. Apakah ini pertanda Kim Pan-gon mengirim psywar ke pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang notabene juniornya?

Di tangan Kim Pan-gon, performa Malaysia mengalami peningkatan. Kim Pan-gon membawa Malaysia lolos ke Piala Asia 2023, meski baru menjabat sebagai pelatih lima bulan.



Kim Pan-gon

(Kim Pan-gon, bawa Malaysia lolos ke Piala Asia 2023)

Hebatnya, itu merupakan yang pertama dalam 43 tahun terakhir Timnas Malaysia lolos Piala Asia lewat jalur kualifikasi. Setelah keberhasilan di atas, Kim Pan-gon mendampingi skuad Malaysia turun di Piala Raja 2022 yang dilangsungkan di Thailand.

Turnamen ini diikuti empat tim. Selain Thailand dan Malaysia, ada juga Tajikistan dan Trininad & Tobago. Menggunakan sistem gugur, Malaysia menang adu penalti atas Thailand dengan skor 5-3, setelah sebelumnya skor sama kuat 1-1 di waktu normal.

Sementara itu di laga lain, Tajikistan menang 2-1 atas Trinidad & Tobago. Alhasil, Malaysia dan Tajikistan akan bentrok di final Piala Raja 2022 yang berlangsung pada Minggu, 25 September 2022 malam WIB.

Kelar pertandingan, Kim Pan-gon sesumbar. Ia mengatakan, menggunakan pengalaman melatihnya yang berlangsung selama 25 tahun untuk mengalahkan Thailand.

“Terima kasih kepada semua pemain. Timnas Malaysia telah memainkan permainan yang hebat. Semua pemain bekerja tanpa lelah dan akhirnya kami mendapatkan kemenangan yang manis,” kata Kim Pan-gon mengutip dari The Thao 247.

“Ketika kami terpojok oleh Thailand, saya menggunakan pengalaman melatih selama 25 tahun untuk menghadapi itu semua. Meski kekuatan tim terbatas, kami mampu mengakhiri laga dengan senyum,” lanjut pelatih 53 tahun ini.

Timnas Malaysia vs Timnas Thailand

(Timnas Malaysia kalahkan Thailand di semifinal Piala Raja 2022)

Secara pengalaman melatih, Kim Pan-gon lebih senior ketimbang pelatih Thailand, Alexander Polking. Pelatih Thailand yang satu ini baru bertugas sebagai pelatih kepala pada 2012. Hal itu berbeda jauh dengan Kim Pan-gon yang menjabat pelatih kepala sejak 1998.

Begitu juga dengan Shin Tae-yong. Shin Tae-yong baru resmi menduduki posisi pelatih kepala pada 2010. Sebelumnya pada 2008-2010, Shin Tae-yong menjabat sebagai pelatih carekater di Seongnam.

Meski kalah secara kuantitas, Shin Tae-yong unggul secara trofi atas Kim Pan-gon. Shin Tae-yong pernah memenangkan trofi Liga Champions Asia 2010, Piala FA Korea 2011 dan EAFF Football Championship 2017.

Sementara Kim Pan-gon, hanya memenangkan kompetisi domestik dengan membawa South China juara Liga Hong Kong pada 2008-2009 dan 2009-2010. Menarik menanti duel Shin Tae-yong dan Kim Pan-gon di Piala AFF 2022.